Artis Indonesia Ditemukan Pendengar Baru di Spotify Lebih dari 5,1 Miliar Kali

Dampak yang ditimbulkan oleh Spotify dalam memperluas peluang artis Indonesia secara global juga terlihat dalam aspek finansial.
spotify
Musisi/penulis lagu Hindia dan Head of Music Spotify Southeast Asia, Kossy Ng dalam konferensi pers di PENN Jakarta, Rabu 17 Juli
Riki Noviana

Layanan streaming audio berlangganan terpopuler di dunia, Spotify, mengungkap data streaming Indonesia dan global melalui laporan ekonomi musik tahunan mereka, Loud & Clear, dalam sesi media briefing bersama Head of Music Spotify Southeast Asia, Kossy Ng dan musisi/penulis lagu Hindia, Rabu 17 Juli.

Laporan tersebut menyoroti, semakin banyak artis Indonesia ditemukan oleh audiens global serta bagaimana streaming – di tengah industri musik yang terus berkembang – menjadi kekuatan besar yang mendemokratisasi akses kepada audiens sehingga memungkinkan artis dari seluruh penjuru dunia untuk berkembang.

Streaming secara konsisten telah mendorong transformasi dalam industri musik. Loud and Clear memberikan wawasan baru bagi para artis, industri, dan penggemar di seluruh dunia tentang apa yang diamati oleh Spotify berdasarkan data-datanya, memberikan kejelasan tentang streaming musik dan ekonominya,” kata Kossy Ng, Head of Music Spotify, Southeast Asia, menjelaskan dalam konferensi pers di PENN Jakarta, yang dihadiri Billboard Indonesia.

Laporan terbaru Loud & Clear mengungkapkan pertumbuhan yang luar biasa bagi artis Indonesia di Spotify pada 2023. Artis Indonesia ditemukan oleh pendengar baru lebih dari 5,1 miliar kali, dengan lebih dari 3.600 artis Indonesia ditambahkan ke playlist editorial, yang secara signifikan meningkatkan visibilitas dan jangkauan mereka.

Peran penting streaming dalam mendorong industri musik yang beragam dan dinamis di Indonesia juga terlihat dari data yang menunjukkan hampir 60% dari lagu-lagu yang masuk tangga lagu harian Top 50 Indonesia berasal dari artis Indonesia. Hal ini semakin menegaskan kecintaan pendengar terhadap artis lokal dan karya yang mereka hasilkan.

Streaming memberikan kesempatan langsung kepada artis seperti saya untuk menjangkau pendengar di seluruh dunia. Informasi yang diberikan oleh Spotify melalui laporan Loud & Clear sangat bermanfaat, menunjukkan dampak nyata dari musik kami dalam skala global. Bangga rasanya melihat bagaimana musik Indonesia dapat menghubungkan pendengar baik di dalam maupun luar negeri, dan hal ini mendorong kami untuk terus berkarya,” ujar Hindia, memberikan pendapatnya tentang bagaimana streaming membantu menjangkau lebih banyak audiens dan memperluas eksistensinya.

Dampak yang ditimbulkan oleh streaming dalam memperluas peluang artis secara global juga terlihat dalam aspek finansial. Menurut Spotify, pada 2023, royalti yang dihasilkan oleh artis Indonesia di Spotify hampir tiga kali lipat dari jumlah yang dihasilkan pada 2021, dan meningkat lebih dari 1.500% sejak 2017. Hal ini begitu transformatif, dengan lebih dari 70% dari seluruh royalti yang dihasilkan oleh artis Indonesia di Spotify pada 2023 berasal dari artis atau label independen.

Sementara itu, berkaitan dengan ekspor musik, semakin banyak karya dari artis Indonesia yang berhasil menembus batas-batas bahasa dan budaya. Pada 2023, lebih dari dua pertiga dari royalti yang dihasilkan oleh artis Indonesia berasal dari pendengar di luar negeri, menunjukkan daya tarik yang besar terhadap musik karya artis Indonesia. Selain itu, artis yang membawakan lagu dalam bahasa Indonesia secara kolektif mengalami pertumbuhan royalti Spotify sebesar 521% sejak 2018, mencerminkan apresiasi global yang semakin meningkat terhadap musik berbahasa Indonesia.

“Pertumbuhan artis Indonesia begitu luar biasa, dan kami yakin akan ada lebih banyak lagi yang membuat gebrakan di kemudian hari, sebagaimana ditunjukkan oleh temuan kami. Spotify telah dan akan terus memperluas jangkauan musik Indonesia ke audiens global dengan mendukung artis lokal pada setiap tahap karier mereka,” Kossy menambahkan.

“Dulu mindset-nya kalau lagu kita mau didengirin orang luar kita harus bikin lagu berbahasa Inggris. Tapi, kita juga ‘kan dengerin K-pop fine-fine aja. Kita dengerin musik Latin atau bossanova enjoy-enjoy aja. Saya rasa, sama aja kayak lagu bahasa Indonesia. So far enggak ada masalah mau bahasa apapun karena pendengar saya kebanyakan dari daerah yang enggak jadiin Indonesia itu sebagai bahasa utama. Kami enggak perlu ubah bahasanya, tapi kami luasin marketnya,” timpal Hindia, menanggapi lagu-lagunya yang didengar di Singapura dan Jepang.

Diluncurkan pada 2021, Loud & Clear adalah laporan tahunan Spotify tentang streaming musik, menyediakan sumber informasi bagi artis dan penggemar di seluruh dunia mengenai ekonomi streaming. Spotify tetap menjadi satu-satunya layanan streaming yang mempublikasikan data tersebut.

Adapun Spotify sendiri telah mengubah cara mendengarkan musik sejak peluncurannya pada 2008. Mereka memiliki misi untuk membuka potensi kreativitas manusia, dengan memberikan kesempatan bagi jutaan seniman kreatif untuk hidup dari karyanya, serta miliaran fans untuk menikmati dan mendapatkan inspirasi dari karya para artis tersebut.

Spotify kini merupakan layanan berlangganan streaming audio paling populer di dunia, dengan lebih dari 615 juta pengguna, termasuk 239 juta pelanggan Spotify Premium, yang tersebar di lebih dari 180 negara. Spotify juga merupakan sumber pendapatan terbesar untuk industri musik saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

 

PMC

Billboard Indonesia is published under license from Penske Media Corporation. All rights reserved.
Billboard name and logo used by permission of Penske Media Corporation.
Powered by TNGR