“Satellites”: Perpaduan Mulus Pop Elegan dari The Script

“Satellites” merupakan kumpulan lagu dengan kedalaman emosional dan tujuan, dipikul dengan tanggung jawab yang tidak kecil oleh formasi baru The Script.
The Script
Sampul depan album “Satellites”

Buat band yang baru kehilangan salah satu anggota pendirinya, The Script termasuk tahan banting dan cepat bangkit untuk melanjutkan eksistensi. Satellites, adalah album pertama mereka yang dirilis setelah kematian Mark Sheehan pada April 2023 karena sakit. Dan ini juga merupakan album pertama The Script dalam format kuartet dengan dua anggota baru: Benjamin Sargeant (gitar) dan Ben Weaver (bass), yang sebelumnya hanya menjadi anggota tur.

Meskipun band yang bermarkas di Dublin, Irlandia ini selalu pandai membangkitkan perasaan cinta tak berbalas, kerinduan akan hari yang lebih baik, patah hati, atau bahkan kesedihan, album Satellites memperlihatkan bagaimana mereka membahas subjek-subjek tersebut pada tingkat yang jauh lebih pribadi dan serius.

Album studio ketujuh band yang terbentuk sejak 2001 ini lebih dari sekadar album yang terus berlanjut. Satellites merupakan kumpulan lagu dengan kedalaman emosional dan tujuan, dipikul dengan tanggung jawab yang tidak kecil oleh Danny O’Donoghue (vokal) dan Glen Power (drum), dan dibantu dengan cakap oleh beberapa rekan penulis lagu.

Album ini dibuka oleh “Both Ways”, sebuah lagu yang ditulis bersama Steve Robson dan Wayne Hector, dua penulis lagu Inggris yang memiliki pengalaman luas bekerja dengan artis-artis yang menjual jutaan album.

Hasil dari perpaduan tersebut sangat berbeda dengan apa yang mungkin kita harapkan dari The Script. “Both Ways” memperlihatkan bagaimana The Script tampil dengan energi baru yang berani, dengan irama hip-hop dan funk yang riuh memberikan nuansa lantai dansa tak tertahankan untuk melengkapi kualitas vokal  O’Donoghue yang memukau.

Hasilnya sangat menyenangkan, campuran meledak-ledak yang mengingatkan pada Black Eyed Peas memainkan lagu Bruno Mars, “’Locked Out of Heaven”. Ini adalah pengingat bahwa O’Donoghue (belum lagi Sheehan) mengasah kemampuan menulis lagu mereka di Kanada dan Los Angeles pada akhir 1990-an saat menulis dan memproduksi lagu untuk artis-artis seperti TLC, Boyz II Men, dan Britney Spears.

“Home Is Where the Hurt Is”, “Inside Out”, “One Thing I Got Right”, dan “Gone” membawa kita ke wilayah yang lebih familiar, dengan gaya pop rock khas yang ramah arena. “Gone” sendiri ditulis O’Donoghue untuk merujuk pada kehilangan Sheehan dengan lirik “like a shooting star across the sky, in a second you were gone”.

Tetapi, inti dari album ini terletak pada lagu-lagu balada “At Your Feet”, lagu utama, “Before You Go”, dan “Promises”. Lirik lagu “At Your Feet” secara langsung membahas kematian Sheehan, dengan bagian reff mengakui dampak yang diberikan peristiwa tersebut pada O’Donoghue, yang merupakan sahabatnya sejak kecil.

“Before You Go” memberi pertunjukan lain untuk Power, kali ini dengan permainan simbalnya yang menawarkan latar belakang manis untuk balada yang mempertanyakan arah hubungan dengan cara yang mengingatkan kembali pada hit awal The Script lainnya, “Breakeven”.

Sementara itu, “Gone” diberi lebih banyak nuansa lagu anthemic dalam komposisinya melalui riff gitar dan harmoni yang mudah diingat. Lirik pahit-manis tentang bagaimana O’Donoghue terus membawa semangat Sheehan bersamanya di atas panggung juga sangat kontras.

Secara keseluruhan, Satellites menandai kembalinya salah satu band paling dicintai di Irlandia. Namun satu hal yang pasti, O’Donoghue, Power, Sargeant, dan Weaver tampil percaya diri dan tenang dalam formasi baru The Script ini. Dengan aransemen megah dan luas, Satellites yang berisi 12 lagu menawarkan perpaduan mulus dari nomor-nomor pop elegan.

Satellites dirilis16 Agustus 2024 melalui BMG Rights Management. Dua single dari album tersebut: “Both Ways” dirilis 17 Mei 2024 dan “At Your Feet” pada 19 Juli 2024. Album ini memulai debutnya di nomor satu di Irish Albums Chart dan di nomor dua di UK Albums Chart.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

 

PMC

Billboard Indonesia is published under license from Penske Media Corporation. All rights reserved.
Billboard name and logo used by permission of Penske Media Corporation.
Powered by TNGR