Koleksi Lagu Liburan Natal dari Carpenters, “Christmas Once More” Akan Dirilis

Kompilasi tersebut memuat 16 lagu klasik abadi dari Carpenters, disuguhkan dengan kualitas tata suara yang telah melewati proses mixing dan mastering ulang.
carpenters
“The Carpenters at Christmas”
ABC Photo Archives/Disney General Entertainment Content via Getty Images

Menyambut musim liburan Natal, label rekaman A&M/UMe telah menetapkan bakal merilis album Christmas Once More dari duo pop vokal legendaris asal AS, Carpenters pada awal November 2024 mendatang.

Koleksi baru tersebut, menampilkan 16 lagu klasik liburan Natal dari Karen dan Richard Carpenter, yang dikurasi secara pribadi oleh Richard sendiri. Sebagian besar mencakup lagu-lagu favorit penggemar mereka seperti “Merry Christmas Darling” yang menampilkan Royal Philharmonic Orchestra, “Sleigh Ride” dan “(There’s No Place Like) Home for the Holidays”.

Semuanya disuguhkan dengan kualitas tata suara yang telah dipermak, telah melewati proses mixing dan mastering ulang.

Pemilihan judul album itu sendiri merupakan plesetan dari judul lagu pop hit duo tersebut pada 1973 silam, yang berjudul ”Yesterday Once More“, yang lantas juga digunakan sebagai judul album berisi lagu-lagu terbaik Carpenters, rilisan 1985.

The Carpenters telah dikaitkan dengan Natal sejak era 1970-an, saat mereka menjadi bintang dengan “Close to You” (Lagu Musim Panas No. 1 di Billboard pada 1970) dan “We’ve Only Just Begun.” Pada musim liburan itu, mereka merilis “Merry Christmas Darling”, sebuah lagu balada nostalgia dari Richard Carpenter-Frank Pooler yang mencapai No. 1 dalam daftar lagu Natal tahunan Billboard pada 1970, 1971 dan 1973.

Lagu tersebut tetap menjadi klasik. “Merry Christmas Darling” menduduki peringkat No. 41 dalam daftar 100 lagu Natal terbaik sepanjang masa versi Billboard pada 2023.

Pada 1974, “Merry Christmas Darling” dirilis ulang bersama versi balada yang bersemangat dari lagu “Santa Claus Is Coming to Town” di sisi B. Dirilis lagi tiga tahun kemudian bersama “Christmas Song” di sisi B. Masih di tahun yang sama, Carpenters menjadi bintang utama acara TV liburan pertama mereka untuk ABC, The Carpenters at Christmas.

Lalu akhirnya, pada 1978, Carpenters merilis album liburan pertama mereka, Christmas Portrait yang bertepatan dengan perilisan acara liburan kedua untuk ABC, The Carpenters: A Christmas Portrait, yang menghadirkan legenda film Gene Kelly sebagai bintang tamu. Album Christmas Portrait sendiri telah bertengger selama 66 minggu di Billboard 200.

Richard memiliki ide unik untuk menciptakan karya yang hampir berkesinambungan yang akan memadukan himne, lagu pop, vokal, dan instrumental. Dia mengerjakan sendiri beberapa aransemen orkestra, sementara yang lain ditugaskan kepada aranjer Peter Knight dan Billy May.

“Dengan arahan Karen yang luar biasa,” tulis Richard, “dikombinasikan dengan orkestra dan paduan suara studio yang besar, aransemen yang hebat, dan musik yang tak lekang oleh waktu, Christmas Portrait adalah, dan masih, album Natal yang hampir tak tertandingi.”

Materi yang cukup banyak direkam selama sesi Christmas Portrait dilanjutkan di perilisan album liburan Carpenters kedua, An Old-Fashioned Christmas (1984). Diluncurkan setahun setelah kematian Karen yang terlalu dini pada usia 32 tahun.

Christmas Portrait – The Special Edition lalu dirilis pada 1990, yang memuat gabungan trek dari kedua album liburan Natal tadi, plus beberapa materi tambahan.

Kini hadir Christmas Once More, yang akan tersedia dalam berbagai format, termasuk CD, piringan hitam, piringan emas edisi terbatas, unduhan digital, streaming, dan ATMOS.

Dalam beberapa tahun terakhir, telah banyak indikasi bahwa Carpenters terus menarik perhatian para penggemar musik. Sebuah kompilasi tahun 1998, Love Songs, bertengger di Billboard 200 selama 25 minggu. Lagu-lagu Carpenters telah ditampilkan dalam beberapa film terkenal, seperti The Simpsons Movie (2007) yang menampilkan lagu “Close to You”. Lagu itu, bersama “We’ve Only Just Begun” telah terpilih diabadikan dalam Grammy Hall of Fame.

Carpenters merupakan kolaborasi dua bersaudara, Karen dan Richard Carpenter. Selama 14 tahun masa aktifnya (1969-1983), duo ini berhasil merilis 10 album rekaman. Di antaranya menghasilkan tiga single nomor satu dan lima single nomor dua di Billboard Hot 100 serta 15 lagu nomor satu di Adult Contemporary chart.

Keseluruhan karya rekaman Carpenters telah terjual sebanyak lebih dari 100 juta keping di seluruh dunia, menjadikan mereka salah satu artis terlaris sepanjang masa.

carpenters

Berikut daftar lagu yang termuat di album Christmas Once More:

1. “It Came Upon a Midnight Clear”

2. “Happy Holiday”

3. “The Christmas Waltz”

4. “Sleigh Ride”

5. “It’s Christmas Time / Sleep Well, Little Children”

6. “Have Yourself a Merry Little Christmas”

7. “Christ Is Born”

8. “Santa Claus Is Coming to Town”

9. “Merry Christmas, Darling” (Royal Philharmonic Orchestra Version)

10. “The Christmas Song (Chestnuts Roasting on an Open Fire)”

11. “(There’s No Place Like) Home for the Holidays”

12. “Little Altar Boy”

13. “The First Snowfall / Let It Snow! Let It Snow! Let It Snow!”

14. “My Favorite Things”

15. “White Christmas”

16. “Ave Maria”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

 

PMC

Billboard Indonesia is published under license from Penske Media Corporation. All rights reserved.
Billboard name and logo used by permission of Penske Media Corporation.
Powered by TNGR