Iwan Fals Kolaborasi dengan Irfan Hakim di Album “Aviary Live Session” 

Selain beberapa lagu legendaris milik sang musisi, album ini juga memuat single kolaborasi baru dari Iwan Fals dan Irfan Hakim berjudul “Hmmm”.
Iwan Fals
Irfan Hakim dan Iwan Fals
Universal Music Indonesia Distributed Labels, Musica Publiser Indonesia

Iwan Fals membawa gebrakan baru dengan sebuah karya kolaborasi bersama Irfan Hakim. Dua pesohor yang memiliki latar belakang berbeda ini menelurkan album bertajuk Genjrengan Iwan & Irfan – Aviary Live Session

Secara konseptual, album ini merupakan interpretasi ulang dari lagu-lagu ikonik milik Iwan Fals, namun dibungkus dengan nuansa live session sehingga memberi kesan yang lebih intim.

Selain beberapa lagu legendaris milik sang musisi, album ini juga memuat single kolaborasi baru dari Iwan Fals dan Irfan Hakim berjudul “Hmmm”. Lagu ini, menceritakan sebuah perjalanan musikal yang menggambarkan secara jelas esensi pengalaman di dalam sebuah Aviary. 

Dengan keunikan warna musik yang berasal dari perasaan yang dirasakan selama proses kreatif, musik ini mencerminkan lingkungan alami, menciptakan pengalaman yang khas dan mendalam bagi pendengarnya. 

Aviary—sebuah hal yang memang telah melekat dengan image Irfan Hakim sebagai publik figur pecinta hewan—kemungkinan besar menjadi salah satu latar belakang terciptanya karya ini. 

Dalam keterangan resmi yang diterima Billboard Indonesia, proyek kolaborasi ini bermula saat Irfan Hakim berbagi visinya tentang proyek Aviary kepada Iwan Fals. 

Berangkat dari hal itu, baik Iwan dan Irfan yang dibantu oleh keluarga masing-masing akhirnya menggarap Aviary Live Session ini, sehingga memperkuat ikatan kolaborasi yang tidak hanya bersifat musikal, tetapi juga personal.

Kemampuan luar biasa Irfan dalam menghadirkan ekosistem yang sehat di tengah keramaian kota sangat menginspirasi untuk terus semangat menjaga alam Indonesia di luar sana. 

Suara air dan burung-burung yang berkicau, dan memantau pergerakan ikan lah yang menciptakan latar belakang sempurna untuk terlahirnya “Genjrengan” ini. 

Album ini memuat beberapa track di antaranya; “Isi Rimba Tak Ada Tempat Berpijak Lagi (Aviary Live Session)”, yang menggambarkan kepedihan terhadap kerusakan lingkungan, khususnya deforestasi yang mengakibatkan hilangnya habitat satwa liar. 

Ada pula lagu “Ujung Aspal Pondok Gede (Aviary Live Session)”. Iwan Fals mengenai masa lalu sebelum pembangunan mengubah wilayah tersebut. Kini, aspal menutupi tanah, dan kehidupan masyarakat mengalami transformasi signifikan. Lagu ini diambil dari album ‘Sore Tugu Pancoran’ yang rilis pada tahun 1985.

Aviary Live Session adalah album yang merangkai esensi karya Iwan Fals dengan sentuhan live session, memberikan pengalaman baru yang penuh emosi dan refleksi. 

Album ini kini tersedia di platform musik digital dan diharapkan dapat menghubungkan kembali pendengar dengan karya-karya klasik Iwan Fals dalam cara yang lebih personal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

 

PMC

Billboard Indonesia is published under license from Penske Media Corporation. All rights reserved.
Billboard name and logo used by permission of Penske Media Corporation.
Powered by TNGR