Ranked: 20 Gitar Paling Ikonik Sepanjang Masa

Daftar gitar paling ikonik ini disusun oleh panel gitaris andal dari beragam genre bersama para pakar dan jurnalis.
Billboard Gitar Paling Ikonik Sepanjang Masa
Jimi Hendrix, Eddie Van Halen, Willie Nelson, dan Joan Jett
The Sporting Press; Getty Images

Dari blues ke jazz, rock ke folk, hingga country, gitar mungkin adalah instrumen paling penting di abad ke-20, berfungsi sebagai instrumen utama dari berbagai genre yang mengubah jalannya budaya di Amerika dan di seluruh dunia. 

Untuk menghormati instrumen berdawai yang telah menggetarkan penonton selama berabad-abad, kami mempersembahkan daftar dari Billboard tentang 20 Gitar Paling Ikonik Sepanjang Masa.

Tidak, ini bukan salah ketik. Ini bukan daftar gitaris—meskipun setiap gitar dalam daftar ini terkait dengan seorang gitaris tertentu. Dan ini bukan daftar merek atau perusahaan gitar. Ini adalah daftar gitar sebenarnya, yang dimainkan oleh para gitaris hebat. Daftar ini menyoroti gitar-gitar yang sepanjang sejarah modern telah menjadi bagian dari evolusi musik populer. Alih-alih berfokus pada gaya bermain gitar, kami melihat instrumen itu sendiri yang digunakan oleh berbagai tokoh terkemuka, mulai dari bluegrass hingga heavy metal.

Apa yang dimaksud dengan “Paling Ikonik”? Berpengaruh, inovatif, terkenal, mengubah permainan? Tidak biasa, indah, bahkan aneh? Atau hanya keren saja? Semua hal tersebut dan lebih dari itu. Beberapa gitar yang ada dalam daftar ini adalah model standar dengan sedikit modifikasi; yang lainnya adalah karya unik yang telah diubah-ubah tanpa henti. Beberapa adalah keajaiban teknis dan auditif; yang lainnya telah rusak parah selama bertahun-tahun oleh pemiliknya yang terlalu bersemangat. Namun, semuanya penting bagi sejarah dan evolusi gitar yang terus berlanjut.

Ini adalah tugas besar yang tidak ingin kami lakukan sendirian. Kami mengundang panel gitaris hebat dari berbagai genre, serta jurnalis dan pakar, untuk meninjau daftar gitar yang disusun oleh Billboard dan memberikan suara mereka. Kami juga mengundang para pemilih kami untuk mengajukan pilihan mereka sendiri. Setelah menghitung tanggapan mereka, kami mengirimkannya kembali ke panel pemilih, meminta umpan balik tambahan, dan memasukkan itu ke dalam daftar ini.

Selain beberapa pemilih yang ingin tetap anonim, panel pemilih termasuk: Duane Betts, Nick Bowcott dari Sweetwater, Carl Broemel dari My Morning Jacket, Larry Campbell, Joanna Connor, Michael Doyle dari Guitar Center, Alejandro Escovedo, Pete Evick dari Bret Michaels Band, Damian Fanelli dari Guitar World, Billy Gibbons dari ZZ Top, Slim Gambill yang bermain untuk Lady A, Kirk Hammett dari Metallica, Jim James dari My Morning Jacket, Myles Kennedy dari Alter Bridge dan Slash featuring Myles Kennedy and the Conspirators, J Mascis dari Dinosaur Jr, Dave Mason, Scott Metzger, Bob Mould, Rick Nielsen dari Cheap Trick, Orianthi, Joe Perry dari Aerosmith, Joe Satriani, Chris Scapelliti dari Guitar Player, Peter Stroud dari band Sheryl Crow, Matthew Sweet, Mark Tremonti dari Creed dan Alter Bridge, Seth Walker, Erika Wennerstrom dari Heartless Bastards, Jack White, Nancy Wilson, Andy Wood, dan Oliver Wood.

Daftar ini jauh dari kata lengkap. Meskipun demikian, kami berharap apa yang akan Anda baca berikutnya dapat memicu semangat, debat, penemuan, dan bahkan, mungkin, membuat seseorang mengambil gitar dan mulai bermain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

 

PMC

Billboard Indonesia is published under license from Penske Media Corporation. All rights reserved.
Billboard name and logo used by permission of Penske Media Corporation.
Powered by TNGR