Industri Lagu Anak Indonesia, Apa Kabarnya Kini?

Menyambut Hari Anak Nasional yang jatuh tanggal 23 Juli mendatang, mari menengok kembali jalan panjang industri lagu anak Tanah Air dan upaya untuk membangkitkannya kembali.
Lagu anak
Salah satu inisiatif lahir dari RAN yang akan merilis album ramah anak sebagai upaya mempopulerkan kembali lagu anak untuk generasi sekarang.

Upaya Meramaikan Kembali Ranah Musik Anak

Upaya kolektif membangkitkan kembali semarak lagu anak memang jadi tanggung jawab bersama, meski kita tidak bisa memaksa para pelaku industri dan musisi-musisi yang telah mapan untuk turut ambil peran urusan ini. Tetapi selalu ada musisi yang melihat persoalan ini sebagai tanggung jawab moral – di samping tujuan komersial. 

Beberapa dari mereka yang turut serta meramaikan lagu anak antara lain Naif yang merilis album Bonbinben (2008), dan secara terpisah dalam momen-momen waktu berbeda lahir lagu anak dari grup musik Mocca, dan bahkan muncul gerakan “Save Lagu Anak” pada 2016 yang terdiri dari para mantan penyanyi cilik. Terbaru, RAN juga menunjukkan kepeduliannya terhadap ranah ini.

RAN akan merilis album anak berjudul RAN For Your Kids pada 23 Juli 2024. Album berisi delapan track ini terdiri dari empat lagu dan empat track voice over dari Kak Seto. Lagu ikonik “Macet Lagi” yang identik dengan karakter Si Komo pun turut dihidupkan kembali dengan konteks yang lebih relevan.

RAN bersiap merilis album RAN For Your Kids di Hari Anak Nasional mendatang.

RAN tidak serta-merta merilis RAN For Your Kids sebagai album musik saja. Tetapi, mereka juga hadir lebih dekat ke dunia anak lewat karakter dalam video musik yang akan dirilis. Aktivasi lain juga akan dilakukan sebagai upaya RAN mengangkat kembali isu lagu anak, salah satunya dengan piknik di Urban Forest Cipete.

“Awalnya berangkat dari kegelisahan kami melihat banyaknya anak-anak yang menyanyikan lagu dengan muatan lirik dewasa. Kami rasa mungkin itu semua terjadi juga karena minimnya pilihan lagu anak-anak dewasa ini. Mengingat semboyan kami ‘RAN FOR YOUR LIFE,’ kenapa tidak kita coba saja untuk mewadahi masalah itu. Sekaligus mengingatkan mereka bahwa RAN memang ingin hadir ke dalam setiap fase hidup pendengarnya. Dari mulai ABG, pacaran, nikah, bahkan sampai ke anak-anaknya,” ungkap Nino.

Selain itu, RAN juga memiliki lagu-lagu ramah anak yang sejalan dengan spirit menanamkan nilai-nilai positif pada anak.

“Kami concern dan kami ingin berbuat sesuatu, kami tidak ingin diam saja dan kami ingin memberi sumbangsih di dunia musik anak-anak Indonesia. Dan kami juga memiliki lagu-lagu yang cocok juga untuk didengarkan anak-anak seperti ‘Selamat Pagi,’ ‘Sepeda,’ dan ‘Dekat di Hati,’” ujar Rayi.

Menyulut kembali semarak lagu anak memang pekerjaan yang besar dan menantang, tetapi bukan tak mungkin pertanyaan tentang “Apa lagu anak Indonesia terbaru?” atau “Siapa penyanyi anak yang saat ini populer?” menjadi sangat mudah kita jawab karena lagu-lagu anak memang bagian dari kultur pop dan keseharian kita, meski pun sebagai orang dewasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

 

PMC

Billboard Indonesia is published under license from Penske Media Corporation. All rights reserved.
Billboard name and logo used by permission of Penske Media Corporation.
Powered by TNGR