10 Prestasi Terbaik Artis Asia dalam Sejarah Chart Billboard: Ada BLACKPINK hingga Joji

Dalam rangka perayaan Bulan Pewaris Budaya Asia dan Kepulauan Pasifik, mari kita melihat beberapa langkah besar yang diambil oleh artis Asia dalam sejarah chart, mulai dari tahun 1960-an hingga tahun 2020-an.
BLACKPINK
YG Entertainment

“Sukiyaki” oleh Kyu Sakamoto menduduki puncak Hot 100 (1963)

Billboard Hot 100 diluncurkan pada Agustus 1958, dan hampir setiap lagu berperingkat tinggi di chart tersebut dinyanyikan dalam bahasa Inggris dalam beberapa tahun pertamanya. Namun kemudian, masuklah balada romantis penyanyi Jepang Kyu Sakamoto berjudul “Sukiyaki” versi Anglo-Saxonized dari judul asli “Ue O Muite Arukou”, yang berarti “Saya Melihat Ketika Saya Berjalan.” Single ini menduduki puncak chart pada musim panas tahun 1963 sebagai lagu non-Eropa pertama yang mencapai No. 1. “Sukiyaki” mempertahankan posisi puncaknya selama total tiga minggu, tetapi melodi yang menarik dan pentingnya budaya tetap terasa selama beberapa dekade—itu adalah satu-satunya lagu oleh seorang artis Asia yang menduduki puncak Hot 100 hingga tahun 2020.

“Nobody” oleh Wonder Girls adalah lagu K-pop pertama yang masuk Hot 100 (2009)

Meskipun sulit membayangkan musik mainstream tanpa K-pop saat ini, Wonder Girls menandai awal dari kenaikan suara tersebut secara global melalui versi bahasa Inggris dari hit mereka, “Nobody”, Pada tahun 2009, lagu mereka masuk ke Hot 100, dan mencapai puncak pada No. 76, memperkenalkan produksi yang berkilauan dan suara yang halus kepada audiens baru—dan membantu mengubah nasib komersial musik Korea secara global.

“Gangnam Style” PSY menjadi lagu teratas 10 besar oleh seorang artis Korea Selatan (2012)

Pada tahun 2012, “Gangnam Style” PSY meledak dari YouTube dan memengaruhi tangga lagu pop dengan kekuatan seismik yang tidak ada yang bisa diprediksi. Lagu viral ini menembus mainstream melalui hook yang megah dan koreografi “tarian kuda” yang layak jadi meme dalam video musiknya, yang menjadi yang pertama dalam sejarahnya mencapai 1 miliar penonton di YouTube. “Gangnam Style” menghabiskan waktu 31 minggu di tangga lagu Hot 100, mencapai puncak pada No. 2 pada Oktober 2012 dan bertahan sebagai hit global khas PSY—meskipun dia berhasil meraih hit top 10 Hot 100 lainnya, “Gentleman,” pada tahun 2013.

Melalui “Lifted”, CL menjadi artis solo perempuan Korea Selatan pertama di Hot 100 (2016)

      Setelah debut sebagai pemimpin tanpa rasa takut dari 2NE1, Chaelin Lee, atau CL, berhasil membawa single bahasa Inggris independennya yang pertama, “Lifted”, debut di No. 94 di Hot 100 pada tahun 2016, menjadikannya solois perempuan Korea pertama yang mencapai chart tersebut. Lagu percaya diri ini menghormati “Method Man” dari Wu-Tang Clan dalam paduannya dan umumnya menggambarkan CL sebagai bintang crossover, dengan video musik yang diambil di New York City dan Method Man sendiri bergabung dalam keriangan visualnya.

      “PPAP” oleh Pikotaro masuk Hot 100 dalam waktu kurang dari satu menit (2016)

        Daimaou Kosaka, juga dikenal dengan nama panggung komedian Pikotaro, menggubah lagu konyol berjudul “PPAP”, singkatan dari “Pen-Pineapple-Apple-Pen”, dan mempublikasikannya di saluran YouTube-nya pada Agustus 2016. Lagu jenaka ini hanya berdurasi 45 detik—tetapi berubah menjadi sensasi Internet setelah Justin Bieber men-tweet lagu tersebut sebagai “video favorit di Internet”-nya bulan September tersebut. “PPAP” mencapai Hot 100 tidak lama setelahnya, mencapai puncak pada No. 77 dan bertahan di daftar tersebut selama empat minggu; itu menjadi lagu terpendek dalam sejarah chart tersebut selama beberapa tahun, sampai lagu 2020 Kid Cudi “Beautiful Trip” mencapai waktu hanya 37 detik.

        Leave a Reply

        Your email address will not be published. Required fields are marked *

        Related Posts

         

        PMC

        Billboard Indonesia is published under license from Penske Media Corporation. All rights reserved.
        Billboard name and logo used by permission of Penske Media Corporation.
        Powered by TNGR