Komposer Indonesia Elwin Hendrijanto Terlibat dalam Proyek Film “OZI : Voice Of The Forest” yang diproduseri Leonardo DiCaprio

Dalam film animasi bertema environmental awareness ini, Elwin Hendrijanto turut bekerjasama dengan komposer ternama asal Inggris, Richard Harvey.
Elwin Hendrijanto
Elwin Hendrijanto
dok. Pribadi

Sosok komposer film internasional pemenang penghargaan, produser musik, sekaligus pianis asal Indonesia, Elwin Hendrijanto, umumkan keterlibatannya dalam produksi feature animation Hollywood yang diproduseri oleh Leonardo DiCaprio bertajuk Ozi: Voice of the Forest. Film ini menyoroti kepedulian terhadap lingkungan yang juga mencerminkan dedikasi Elwin dalam menggabungkan seni dan pesan sosial.

Film animasi yang disutradarai Tim Harper ini bercerita tentang Ozi, seekor orangutan yatim-piatu yang berupaya menyelamatkan hutan dan rumahnya dari aksi deforestasi. Untuk film ini, Elwin terlibat sebagai komposer bersama salah satu komposer senior asal Inggris yang dikenal lewat karya-karyanya di film seperti DaVinci Code, Interstellar hingga The Little Prince yaitu Richard Harvey.

“Saya belajar banyak sekali dalam kolaborasi bersama Richard Harvey di film ini,” ungkapnya melalui keterangan pers yang diterima Billboard Indonesia. “Selain bisa mengetahui sistem dan cara kerja sosok yang dekat dengan Hans Zimmer, saya juga bisa menambah wawasan mengenai perangkat lunak dan teknologi yang mereka gunakan serta secara tidak langsung banyak bertukar ilmu dan kebudayaan dengan Richard sendiri,” lanjut Elwin. Berdua mereka menggarap scoring untuk film Ozi: Voice of the Forest dengan menghadirkan nuansa orkestral Holywood yang dipadukan dengan musik yang bernuansa ethnic atau world music.

Inilah yang sebenarnya menjadi mimpi Elwin Hendrijanto dalam sepanjang perjalanan kariernya selama ini. Menghadirkan berbagai unsur world music termasuk musik Indonesia ke dalam karyanya. “Saya rasa kesempatan untuk memperkenalkan musik Indonesia ke kancah musik film Hollywood itu belum banyak terjadi karena secara musik mereka mungkin tidak mudah ‘nyambung’ karena musik itu belum pernah mereka dengar sebelumnya,” kata Elwin. “Namun saya bersyukur lewat project ini saya dapat memberikan terobosan itu sekaligus mewujudkan mimpi saya untuk membawa nuansa musik Indonesia ke audience di seluruh dunia.”

Elwin Hendrijanto
Artwork album OST Ozi: Voice of the Forest.

Film Ozi: Voice of the Forest rencananya dirilis secara global pada tanggal 16 Agustus 2024. Film ini turut menghadirkan nama-nama besar sebagai pengisi suaranya, yaitu Amandla Stenberg, Donald Sutherland, Djimon Hounsou, RuPaul, Laura Dern, hingga Marissa Anita.

Elwin Hendrijanto sendiri bukanlah nama yang asing di dunia musik, khususnya dunia Composing. Komposer kelahiran Indonesia ini telah mendapatkan pengakuan luas melalui karya-karya yang beragam dalam musik klasik, musik film, dan lain sebagainya. Karya Elwin telah diputar dan ditampilkan di seluruh dunia, termasuk proyek bergengsi seperti Asian Games 2018, Beach Boys, Roy Orbison, dan kolaborasi dengan orkestra ternama dunia seperti BBC Concert Orchestra dan London Symphony Orchestra. Elwin bahkan juga terlibat dalam pembuatan salah satu iklan Olimpiade 2024 persembahan Alibaba Cloud yang menampilkan musik yang penuh inspirasi dan semangat.

Elwin menyelesaikan pendidikan di Royal College of Music, Londondengan predikat cum-laude dan didukung oleh beasiswa dari Prince Bernhard Cultural Funds. Ia juga telah berkontribusi dalam berbagai proyek internasional dan Nasional yang memperlihatkan kecakapannya dalam menggabungkan berbagai genre musik.

Album soundtrack Ozi: Voice of the Forest yang berisi 29 track sudah bisa didengarkan di berbagai digital streaming platform.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

 

PMC

Billboard Indonesia is published under license from Penske Media Corporation. All rights reserved.
Billboard name and logo used by permission of Penske Media Corporation.
Powered by TNGR