Anime Festival Asia Indonesia Hadir dengan Sederet Rangkaian Acara Menarik

Kolaborasi spesial antara Pokemon, Niji no Conquistador, dan JKT48 akan berlangsung di anime festival ini.
AFA Indonesia 2024

Anime Festival Asia Indonesia (AFA ID) segera hadir pada 3-5 Mei 2024 mendatang, dan bakal digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat.

Pada acara pertama yang telah dijadwalkan dalam lima tahun ini, akan menampilkan beraneka ragam dunia anime mulai dari pameran visual, cosplay, konser musik, hingga pemutaran film eksklusif dan talkshow khusus.

Yang spesial di AFA ID mendatang ialah visual gambar utama resmi yang diilustrasikan oleh ilustrator Jepang terkenal, LAM (Desainer Karakter untuk anggota Hololive Indonesia, Kureiji Ollie, dan masih banyak lagi).

Visual utama ini menampilkan maskot asli Anime Festival Asia, Seika, yang dikelilingi oleh elemen-elemen ikonik Indonesia, yang mengatur suasana acara dan melambangkan kreativitas dan hiburan berkaliber tinggi yang dapat dinikmati oleh para pengunjung yang datang menantikan berbagai brand regional yang diminati.

Rangkaian acara ini juga akan mempersembahkan satu acara musik live terbesar bagi para penggemar ACG di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara, dengan line-up yang luar biasa dengan 12 artis internasional!

Beberapa nama yang dikonfirmasi akan hadir antara lain ada T.M.Revolution/Takanori Nishikawa dan Nami Tamaki, Ayaka Ohashi, Kobo Kanaeru, Liyuu, NANO, ClariS, Sangatsu no Phantasia, dan masih banyak lagi.

Selain itu, acara ini juga akan menampilkan tokoh media Jepang, Iori Moe yang sangat populer sebagai streamer video game.

Pemutaran beberapa film eksklusif akan berlangsung di Day Stage, yang masuk dalam rangkaian acara AFA ID. Beberapa agenda yang telah dikonfirmasi akan hadir antara lain ada pemutaran spesial Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation Season 2 Cour 2,《WIND BREAKER, hingga sesi bincang khusus dengan Kentaro Kumagai (pengisi suara Laios Touden), dan Sayaka Sembongi (pengisi suara Marcille Donato).

Sejumlah talent cosplay berbakat dari seluruh wilayah Asia Tenggara juga akan turut meramaikan acara ini, mulai dari Byoru (Vietnam), Clarissa Punipun (Indonesia), Thames Malerose (Thailand), dan masih banyak lagi.

Tentunya, AFA ID juga akan menyuguhkan pameran sejumlah karya seni, barang koleksi, dan hal-hal terkait, dengan lebih dari 200 stan dari 150 peserta pameran regional dan lokal.

Selain Day Stage, AFA ID juga akan menyediakan Akiba Stage, yang bakal berisi sederet rangkaian penampilan mulai dari DEAR KISS dan Forbidden Equation, Niji no Conquistador, hingga acara Pokemon Stage bersama Niji no Conquistador &  JKT48!.

Kolaborasi spesial antara Pokemon, Niji no Conquistador, dan JKT48 akan berlangsung di sana.

Menyatukan para penggemar J-Culture di seluruh Asia Tenggara sejak tahun 2008, Anime Festival Asia merupakan konvensi budaya Pop Jepang perdana di wilayah ini. 

AFA sendiri telah menyelenggarakan lebih dari 30 acara, menampilkan lebih dari 520 penampil, menampilkan lebih dari 2.300 peserta, dan menyambut lebih dari 2,3 Juta pengunjung di 6 kota dari Singapura hingga Tokyo. Misalnya di AFA Singapura, yang telah menerima penghargaan Outstanding Leisure Event Award di Singapore Tourism Awards pada tahun 2023 dan 2019.

Pertama kali diselenggarakan pada tahun 2012, AFA Indonesia telah memikat hati para penggemar anime di Indonesia dan menciptakan peluang bisnis bagi industri ini di pasar lokal. Secara total, AFA Indonesia telah menarik lebih dari 370.000 pengunjung setelah menyelenggarakan 7 acara di Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

 

PMC

Billboard Indonesia is published under license from Penske Media Corporation. All rights reserved.
Billboard name and logo used by permission of Penske Media Corporation.
Powered by TNGR