Lebih dari Musik, Pestapora Suguhkan Banyak Aktivasi Menarik Bersama Para Kolaborator

Festival musik ini bakal melahirkan sederet kolaborasi yang melibatkan berbagai pihak dan komunitas kreatif.
Pestapora
Pestapora 2024
Billboard Indonesia / Camilla Restu

Pada penyelenggarannya yang ketiga di tahun ini, Pestapora kembali dengan membawa gebrakan tak biasa. Salah satunya, dengan beragam aktivasi menarik yang melibatkan banyak kolaborator.

Yang menarik, para kolaborator tersebut tak hanya datang dari ranah industri musik saja, sehingga menjadikan festival ini memiliki nilai tambah yang lumayan ‘menjual’.

Menurut Kiki (Ucup) Aulia selaku director, acara ini ditujukan juga sebagai perayaan kreativitas dan kebersamaan yang menghadirkan kolaborasi dari berbagai komunitas.”

“Ini menjadi momen penting untuk menunjukkan bahwa kreativitas anak muda Indonesia tidak memiliki batas,” imbuhnya.

Festival musik yang mengusung headline “Pestapora Pertamina Fastron 2024” ini juga menjadi wadah bagi komunitas-komunitas untuk saling berkreasi dan menyemarakkan acara. 

Beberapa komunitas yang turut berpartisipasi antara lain Paguyuban Crowd Surf, Microgram Alternative, Yes No Klub, Pon Your Tone, 24 Jamming, Hip Hop Hari Ini, Earhouse, Makna, serta Zodiac, yang masing-masing akan memberikan pengalaman unik bagi pengunjung selama tiga hari festival.

Selain itu, dalam keterangan resmi yang diterima Billboard Indonesia, Pestapora juga menghadirkan area ramah keluarga bernama “Pecapowa”, bekerja sama dengan Ciao Bimbi Daycare, Kebun Kumara, Bumi Playscape, Bumi Kardus, dan Mamasewa.

Area ini menyediakan beragam aktivitas interaktif yang menyenangkan bagi anak-anak dan keluarga. Kolaborasi kreatif juga terlihat dalam pembuatan buku dongeng “Bagaimana Caranya Menari” oleh Titah AW & Sekar Bestari serta buku dongeng “A Rave of Fruit” karya Hannah Zainal & Lina Zainal.

Pestapora
Kiki (Aulia) Ucup dan para kolaborator Pestapora 2024
Billboard Indonesia / Camilla Restu

Untuk mengetahui lebih dalam tentang deretan kolaborator yang digandeng Pestapora tahun ini, simak daftar lengkapnya di bawah ini:

Makna melalui program unggulannya, Cilookba by Makna Talks, akan menghadirkan tamu-tamu misterius yang hanya bisa diakses dengan tiket seharga Rp 10.000. Pengunjung akan mendapatkan kejutan istimewa setiap hari, menambah unsur misteri dan kegembiraan yang tak terduga.

Zodiac, sebuah bar ikonik dari Jakarta Selatan, akan mengoperasikan Artist Lounge dan Pestapora BAR yang menampilkan music collectives dan DJ pilihan mereka, menciptakan suasana lounge yang santai dengan pengalaman musik yang berkesan.

Generasi 90an akan membawa pengunjung bernostalgia melalui Warung Generasi 90an, sebuah ruang interaktif yang penuh dengan kenangan dan ikon era 90-an, menghadirkan momen-momen masa lalu dalam balutan kreativitas.

EarHouse by Endah n Rhesa menawarkan pengalaman seni dan sejarah dengan dekorasi yang merayakan perjalanan panjang EarHouse. Pengunjung dapat menikmati talk show bersama musisi, produser, dan pelaku industri musik, serta pertunjukan panggung terbuka yang menjadi pusat kreativitas para musisi lokal.

White Board Journal akan menghadirkan experience area yang menawarkan beragam aktivitas seperti personality quiz, merchandise booth, hingga Music Judge Area yang interaktif. Tersedia juga area duduk yang nyaman dilengkapi fasilitas pengisian daya.

Kokuo menyajikan Relaxation Area dengan dekorasi khas dan treatment relaksasi unik. Sementara itu, Hairneds menawarkan pengalaman makeover dari kepala hingga kaki, termasuk cukur dengan sistem “bayar suka-suka” dan sesi self-styling pada waktu tertentu.

Podkesmas Lounge akan menjadi tempat berkumpulnya para podcaster dan penggemar, menghadirkan Mini Podfest dengan live podcast, lengkap dengan chill lounge, bean bags, zona PlayStation, kursi pijat, dan mini pantry.

Pon Your Tone menghadirkan panggung reggae dengan nuansa pantai yang santai, menghadirkan musisi dan DJ pilihan yang menciptakan suasana tropis yang menenangkan. Microgram juga kembali dengan Alternative Stage bertema Re-Cycle, menghadirkan musisi baru dan musisi veteran dengan karya terbaru mereka, serta kolaborasi yang istimewa.

Hip Hop Stage by Hip Hop Hari Ini akan meriah dengan dekorasi mural hasil kolaborasi bersama seniman lokal, menghadirkan penampilan hip-hop Tanah Air yang energik dan penuh semangat.

VINDES membawa konsep “kawinan gang” melalui Vindes Store, menampilkan momen istimewa di hari ketiga ketika mantan presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, akan melukis langsung di lokasi.

Yes No Klub yang dipimpin oleh Wok The Rock, memasuki tahun ketiganya dengan menghadirkan musisi eksperimental dari berbagai pelosok Indonesia, menciptakan pengalaman musik yang penuh kejutan dan suara unik.

24 Jamming yang digagas oleh alumni Institut Kesenian Jakarta, akan menampilkan instalasi miniatur “Teater Luwes” yang spesial, memberikan ruang bagi eksplorasi kreatif yang menggugah.

Pestapora akan digelar selama tiga hari, mulai 20-22 September 2024 di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta Utara. Festival musik persembahan Boss Creator ini membawa lebih dari 250 nama musisi untuk tampil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

 

PMC

Billboard Indonesia is published under license from Penske Media Corporation. All rights reserved.
Billboard name and logo used by permission of Penske Media Corporation.
Powered by TNGR