“Island Vibes”: dari Sebuah Album Menuju Tur Konser Musik Reggae ke 10 Kota

Menurut EQ Puradiredja selaku produser Island Vibes, “It’s more than just a music, it’s a vibe”.
island vibes
Konferensi Pers “Island Vibes Reggae Party”
Billboard Indonesia/Camilla Restu

Island Vibes menjadi persembahan segar dari deretan musisi reggae Indonesia, mulai dari Coconuttreez (yang memakai nama CTTZ untuk proyek ini), S2B Family, Richard D Gilis dan masih banyak lagi. Ini merupakan album yang memuat delapan lagu plus satu trek bonus.

Pada Jumat, 28 Juni 2024, album ini telah dibuka dengan single pertama mereka bertajuk “Takkan Habis (East Indies)”, yang menampilkan Kamga dan Lawa untuk posisi vokalis.

Island Vibes sendiri digarap oleh produser kenamaan, EQ Puradiredja. Saat ditemui oleh Billboard Indonesia di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, EQ mengatakan, bahwa “It’s more than just a music, it’s a vibe”.

Kehadiran album ini sendiri punya tujuan utama sebagai ekspresi penghargaan terhadap para pelopor musik reggae Indonesia yang telah mendahului seperti Imanez, Aray Daulay, dan Steven Kaligis, serta sekaligus memberi sesuatu yang baru. 

“Ide dari album ini adalah album kolaborasi dari musisi indonesia yang bertujuan untuk memberi penghargaan bagi para pionir reggae yang sudah pergi mendahului kita,” kata EQ menegaskan.

Sementara itu, bagi Coconuttreez, mendiang Steven Kaligis punya peran penting atas album ini. Dia yakin sang vokalis yang meninggal dunia pada 2021 lalu itu ingin bandnya terus berjalan, yang di kemudian hari terealisasi lewat karya ini.

“Enggak bisa dipungkiri bahwa Coconuttreez sedih banget, tapi istri Almarhum bilang ‘Kalian harus jalan dan jangan berhenti sampai sini’,” kata Rival “Pallo” Himran, bassis dari band yang tadinya bernama Steven & Coconuttreez, lalu diganti menjadi Coconuttreez saja atas permintaan Steven sendiri.

“Kami bisa menghasilkan sesuatu yang bisa mewakili Coconuttreez dan sesuatu yang baru juga di pandangan orang-orang, bahwa musik Coconuttreez enggak asal bikin. Ada sesuatu yang spesial yang bisa dilihat di musiknya. Eksplor yang mendalam.”

EQ Puradiredja dan Rival “Pallo” Himran
Billboard Indonesia/Camilla Restu

Selain mengikutsertakan Kamga untuk lagu “Takkan Habis (East Indies)”, album Island Vibes juga menggandeng beberapa musisi lain, misalnya Njet Barmansyah yang bernyanyi di “Always”, Nyonyo dari Dreads Conspiracy yang bersuara di “Anthem”, serta Alvons Freedom yang diberi kesempatan mengisi empat lagu termasuk “Tak Harus Sempurna”, lagu Ray D’Sky alias almarhum Aray Daulay yang dibawakan kembali untuk album ini. 

Island Vibes sendiri bakal dibawa dalam sebuah rangkaian tur konser ke 10 kota. Bertajuk Island Vibes Reggae Party, persembahan spesial ini siap digelar mulai 3 Juli hingga 3 Agustus mendatang.

Tur tersebut akan mampir di Tangerang pada 3 Juli, Jakarta pada 5 Juli, Bandung pada 10 Juli, Purwokerto pada 13 Juli, Yogyakarta pada 17 Juli, Semarang pada 20 Juli, Malang pada 24 Juli, Banyuwangi pada 27 Juli, Sanur, Bali pada 31 Juli dan Mataram, Lombok pada 3 Agustus. Tur akan ditutup dengan sebuah pertunjukan intim pada 10 Agustus di rumah spiritual Island Vibes, yakni di Sama Sama Reggae Bar, Gili Trawangan.

Di setiap pertunjukan, album Island Vibes akan dibawakan oleh CTTZ, Richard D Gilis, S2B Family, Alvons Freedom, Lawa Amq, Kamga, Conrad Good Vibration, dan Radit Echoman. Mereka tak hanya membawakan lagu-lagu di album tersebut, namun juga karya masing-masing.

“Konsernya sama seperti albumnya: konser kolaborasi yang mengisi Island Vibes ini,” kata Aulia Mahariza dari TMC mengenai suguhan utama yang rencananya akan berisi 28 lagu tersebut. 

Di samping menu utama Island Vibes dengan para kolaboratornya, tur Island Vibes Reggae Party juga akan menampilkan musisi pendamping yang berbeda-beda di tiap titik. Nama-nama yang turut diajak pun tidak main-main. Mulai dari para legenda seperti Tony Q Rastafara, Tipe-X dan Shaggydog hingga nama-nama yang relatif baru seperti Rub of Rub, Dhyo Haw dan The Nameks. 

“Semoga tur ini menguatkan silaturahmi teman-teman band reggae. Setiap titik itu kami mengajak teman-teman. Intinya, menguatkan kebersamaan reggae Indonesia,” kata Pallo.

Island Vibes Reggae Party ini akan menjadi suguhan yang semakin spesial karena didukung oleh produksi multimedia arahan Taba Sanchabakhtiar serta sistem hologram oleh G Studios yang akan menampilkan kembali Steven di panggung bersama CTTZ. Steven versi hologram ini juga akan berduet dengan artis manusia digital ternama, Arbie Seo.

“Kami berusaha memberi kesadaran yang lebih dalam kepada pecinta reggae dan pecinta musik pada umumnya bahwa ini tingkat yang baru dari musik reggae di Indonesia,” kata Aulia.

“Harapannya mudah-mudahan musik reggae di Indonesia makin berkembang dengan banyaknya kolaborasi antara sesama musisi.”

Informasi lengkap mengenai gelaran tur konser Island Vibes Reggae Party termasuk penjualan tiketnya bisa didapatkan melalui situs islandvibesmusic.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

 

PMC

Billboard Indonesia is published under license from Penske Media Corporation. All rights reserved.
Billboard name and logo used by permission of Penske Media Corporation.
Powered by WordPress