Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway Tampilkan 27 Penari Terbaik dari Penjuru Indonesia

Para penari yang telah menang seleksi akan tampil bersama Indra Bekti, Isyana Sarasvati, Yura Yunita, dan lebih dari 300 seniman musik lainnya.
Pagelaran Sabang Merauke
27 finalis “The Audition” Pagelaran Sabang Merauke
iForte & BCA

“Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway” sukses menggelar “The Audition” pada Sabtu, 11 Mei lalu, dan telah memilih 27 penari terbaik dari seluruh penjuru Indonesia. 

27 penari ini merupakan mereka yang terpilih sebagai pemenang, dari sebelumnya berjumlah 124 peserta. 

Nantinya, mereka akan turut tampil di pertunjukan teatrikal kolosal “Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway” pada tanggal 17-18 Agustus 2024 mendatang di JIEXPO Convention Center & Theatre, Kemayoran, Jakarta.

“The Audition” sendiri diselenggarakan oleh iForte dan BCA yang bertujuan untuk memberikan kesempatan penari-penari berbakat di seluruh pelosok Indonesia. Sebanyak 124 penari yang telah mendaftar dan mengirimkan video tarian mereka secara online kemudian diseleksi dengan ketat dan 50 penari berhasil lolos mengikuti acara final “The Audition” yang digelar pada hari Sabtu, 11 Mei 2024 yang lalu.

Para peserta dinilai di hadapan para dewan juri yang terdiri dari penari profesional hingga pemerhati seni, seperti penari senior Didik Nini Thowok, musisi Isyana Sarasvati, sutradara Rusmedie Agus, koreografer Sandhidea Cahyo Narpati dan Pulung Jati, serta pemerhati seni Giok Hartono.

Dalam keterangan resmi yang diterima Billboard Indonesia, Sandhidea Cahyo Narpati menjelaskan bahwa kriteria penilaiannya antara lain, “Pentingnya faktor penilaian koreografi, baik yang bersifat wajib maupun bebas. Faktor-faktor seperti keautentikan dan keunikan budaya daerah di Indonesia, serta kemampuan memberikan rasa dan ekspresi, menjadi poin penilaian utama.”

“Dalam proses penilaian para finalis, kami mempertimbangkan banyak hal. Seluruh finalis menunjukkan bakat luar biasa dan semangat untuk melestarikan seni tradisi, mereka adalah generasi penerus yang patut diacungi jempol. Saya hanya ingin menyampaikan satu pesan, jangan merasa kecewa jika tidak terpilih karena setiap dari kalian memiliki bakat yang luar biasa,” ungkap Didik Nini Thowok menegaskan.

Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway
iForte & BCA

Isyana Sarasvati, musisi dan penyanyi dalam “Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway”, menyampaikan kekagumannya terhadap para finalis. 

“Semua finalis adalah yang terbaik dari yang terbaik, jadi jangan merasa kecil hati jika tidak terpilih. Terima kasih atas energi luar biasa yang kalian berikan malam ini. Kalian sungguh membanggakan,” tuturnya.

Keseluruhan 27 pemenang “The Audition” akan menjalani proses karantina latihan selama dua bulan mulai bulan Juni 2024 di Yogyakarta bersama dengan 203 penari “Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway” dari tahun-tahun sebelumnya. 

“Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway” dikemas dalam pertunjukan kolosal seni budaya dan tradisi Nusantara, melibatkan seniman lintas generasi dari beragam profesi. Dihelat selama dua hari dengan empat kali pertunjukan, pagelaran yang mengusung konektivitas keberagaman budaya dan keindahan seni Tanah Air ini dimotori oleh ratusan seniman kebanggaan Indonesia yang menginspirasi nilai-nilai persatuan dan kesatuan kebhinekaan dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia. 

Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway” memadukan aksi pertunjukan teatrikal, tari-tarian daerah dan kontemporer, serta rangkaian musik daerah dan nasional yang akan dibalut dengan penampilan spektakuler di atas panggung hingga parade busana etnik Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

 

PMC

Billboard Indonesia is published under license from Penske Media Corporation. All rights reserved.
Billboard name and logo used by permission of Penske Media Corporation.
Powered by TNGR