LE SSERAFIM Lampaui BLACKPINK di Daftar Peringkat Billboard 200

EP terbarunya, “Crazy” menembus 10 besar terlaris di AS, menyusul karya rekaman LE SSERAFIM sebelumnya, yakni album “Unforgiven” (2023) dan EP “Easy” (2024).
le sserafim
LE SSERAFIM
SOURCE MUSIC

Di daftar peringkat album terlaris Billboard 200, LE SSERAFIM telah melampaui rekor yang dicetak girl group “sekampung” mereka, BLACKPINK. Meski terhitung baru dua tahun berkarya di musik, namun kelompok vokal perempuan asal Korea Selatan tersebut telah meraih sejumlah kemenangan yang mengesankan di seluruh dunia dalam waktu yang singkat. Khususnya di AS.

Lewat album mini (EP) terbarunya, CRAZY yang dirilis via Source Music pada 30 Agustus 2024 lalu, LE SSERAFIM yang dihuni Sakura Miyawaki, Kim Chae-won, Huh Yun-jin, Kazuha dan Hong Eun-chae telah mencetak hit besar, melampaui salah satu artis paling sukses dari negara asal mereka.

CRAZY memulai debutnya di peringkat No. 7 di tangga album terlaris di AS, Billboard 200 minggu ini. Album tersebut menandai kemenangan Top 10 ketiga mereka di peringkat bergengsi itu, sebagai salah satu album dan EP yang paling banyak dikonsumsi di AS.

Dengan pencapaian itu, LE SSERAFIM keluar dari posisi kedua terbanyak dalam tingkatan tertinggi di Billboard 200, di antara girl group asal Korea Selatan. Sebelumnya, mereka berada di posisi yang sama dengan BLACKPINK, tetapi sekarang rekor itu telah terlampaui.

Tadinya, BLACKPINK mengumpulkan dua album 10 teratas di Billboard 200, yaitu The Album (2020) dan Born Pink (2022). Kini, album tersebut menjadi karya rekaman album terlaris ketiga di antara grup wanita Korea Selatan. LE SSERAFIM maju, sementara BLACKPINK bertahan dengan dua kesuksesan mereka—setidaknya hingga mereka merilis musik baru.

Sejauh ini, TWICE tetap menjadi girl group Korea Selatan dengan album Top 10 terbanyak dalam sejarah Billboard 200. Dengan lima kali tampil di peringkat teratas tangga lagu, mereka tetap masih memimpin hingga kini.

LE SSERAFIM pertama kali mencapai 10 album teratas di Billboard 200 pada Mei 2023, berkat album penuh mereka, Unforgiven. Berhasil menerobos hingga ke posisi No. 6. Album tersebut tetap menjadi karya rekaman mereka dengan peringkat tertinggi sejauh ini.

Awal tahun ini, EP Easy mereka mencapai No. 8, dan kini CRAZY hampir mengembalikan mereka ke posisi itu. Tapi, kali ini album tersebut berhasil naik satu peringkat lebih tinggi.

Peringkat ini terlihat berbeda saat boy group dari Korea Selatan lainnya disertakan. BTS mengklaim posisi 10 teratas terbanyak di antara semua artis K-pop dalam tangga lagu Billboard 200. Secara kebetulan, grup vokal bertujuh ini telah menembus wilayah tersebut dengan tujuh album yang mencapai posisi antara No. 1 dan 10. Beberapa di antaranya berhasil mencapai puncak.

TWICE berada di posisi 10 teratas terbanyak kedua di antara semua artis Korea Selatan, dengan lima album. Hal itu menempatkan mereka pada level yang sama dengan grup K-pop populer lainnya seperti ATEZZ, TXT, Stray Kids, dan Seventeen.

Kembali ke CRAZY, dalam minggu pertama penjualannya, album tersebut berhasil terjual 46.300 unit yang setara, menurut kalkulasi Luminate. Angka itu merupakan kombinasi total, dari sebagian besar penjualan murni, dengan 37.500 keping dibeli oleh penggemar AS.

Performa yang kuat tersebut membantu LE SSERAFIM debut ke peringkat No. 1 di tangga lagu Penjualan Album Teratas (Top Album Sales) dan Album Dunia (World Albums) sekaligus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

 

PMC

Billboard Indonesia is published under license from Penske Media Corporation. All rights reserved.
Billboard name and logo used by permission of Penske Media Corporation.
Powered by TNGR