Jopie Item Menginterpretasi Lagu Utha Likumahuwa dan Chrisye dalam Proyek “Duets”

Proyek ini melanjutkan album mini instrumental gitar Jopie Item yang dirilis tahun lalu, Instrumental Jopie Item & Stevi Item.
Jopie Item
Jopie Item.
Dok. Musica Studio’s

Musisi senior, Jopie Item mempersembahkan proyek kolaborasi berjudul “Duets” untuk melanjutkan perjalanan bermusiknya di era digital. Kali ini, ia membawakan dua lagu hits dari penyanyi legendaris Indonesia, yaitu Utha Likumahuwa dan Chrisye, yang dipadukan dengan permainan gitarnya yang khas. Lagu tersebut adalah “Bersatu Dalam Damai” dan “Kala Cinta Menggoda”.

Lagu pertama, sebelumnya dirilis pada 1983 dan dipopulerkan oleh penyanyi pop jazz asal Ambon, Utha Likumahuwa. Dan uniknya, kala itu Jopie Item juga terlibat sebagai salah satu penata musik dalam album yang menjadi induk lagu tersebut. Jadi, bisa dibilang proyek terbaru ini adalah bentuk perayaan dari anniversary ke-40 tahun lagu tersebut.

Sedangkan “Kala Cinta Menggoda” adalah salah satu lagu andalan dari Chrisye yang dirilis pada 1997. Jopie Item memilih lagu ini sebagai bentuk rasa hormatnya kepada sang legenda karena Jopie mengakui dirinya belum sempat bekerja sama dengan Chrisye semasa hidupnya.

“Membawakan lagu ini adalah sebuah kesempatan indah bagi saya”, tutur Jopie Item dalam keterangan tertulis yang diterima Billboard Indonesia, Jumat, 13 September 2024..

Proyek “Duets” adalah sebuah apresiasi dari Jopie Item untuk para sahabatnya, baik Utha Likumahuwa maupun Chrisye. Serta menjadi kado istimewa yang ia berikan kepada semua penikmat musik Indonesia bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-74 pada 24 Juni kemarin.

Proyek ini juga melanjutkan album mini instrumental gitar Jopie Item yang dirilis pada tahun lalu, Instrumental Jopie Item & Stevi Item. Album tersebut berhasil meraih nominasi di ajang AMI Awards 2023 untuk kategori Produksi Instrumentalia Terbaik.

Kini, sang musisi bersama Musica Studio’s merilis kembali dua lagu instrumental gitar dengan memasukkan sebagian vokal dari penyanyi aslinya dalam format aransemen berbeda dari musik awalnya.

“Ini merupakan ide dari Ibu Acin (director & executive producer Musica Studio’s) dan bagi saya ini sebuah ide yang bagus, cemerlang dan orisinal,” ayah dari Stevi, Audy, dan Yai Item itu menjelaskan awal mula terealisasinya proyek ini.

Jopie Item melanjutkan, membawakan kembali lagu “Bersatu Dalam Damai” menyenangkan sekaligus mengejutkan. Sementara tantangannya, lagu yang sudah berumur 41 tahun ini ia ubah aransemen musiknya sesuai dengan tren musik sekarang, namun tidak menghilangkan ruh dari vokal aslinya.

“Bagi saya, sekali lagi ini tantangan yang mengasyikkan. Apalagi saya dibantu oleh musisi-musisi muda; Yai Item, Chandra Arieyan, Shadu Rasjidi dan Kharis yang mengerjakan mixing dan mastering-nya.”

Proyek “Duets” yang terdiri dari dua lagu; “Bersatu Dalam Damai” dan “Kala Cinta Menggoda” sudah bisa didengarkan melalui beberapa platform musik digital seperti Spotify, Langit Musik, Apple Music, dan Youtube Music.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

 

PMC

Billboard Indonesia is published under license from Penske Media Corporation. All rights reserved.
Billboard name and logo used by permission of Penske Media Corporation.
Powered by TNGR