dbatlayar Debut di Peringkat Pertama Billboard Indonesia Top 10 Newcomers lewat “Badut Baru”

Dirilis di Hari Badut Sedunia, single kelima dari dbatlayar tersebut sukses viral di media sosial karena liriknya yang relate dengan percintaan banyak orang.
dbatlayar
dbatlayar
Keina Creative

dbatlayar, duo pop jazz yang terdiri dari kakak beradik Dave dan Joy Batlayar, sukses meraih peringkat pertama dalam minggu debut mereka di chart Billboard Indonesia Top 10 Newcomers (tertanggal 13 September 2024) dengan single breakthrough mereka, “Badut Baru”.

Debut dengan single “Terpendam” pada tahun 2020 lalu, sejauh ini dbatlayar telah merilis lima lagu di bawah naungan Keina Creative yang dibentuk oleh grup musik HIVI!. Lagu-lagu mereka sarat dengan lirik yang terasa relate dengan percintaan zaman sekarang, termasuk “Badut Baru” yang populer digunakan sebagai backsound di media sosial, khususnya TikTok karena menggambarkan situasi hubungan yang sulit. 

Dalam lagu yang dirilis 7 Agustus 2024 ini digambarkan seseorang yang seolah rela menjadi “badut” yang hanya bertugas menghibur orang yang ia cintai. Namun, orang tersebut ternyata lebih memilih orang lain dan meninggalkan sang badut.

“Dalam proses perekaman lagu ini, kami dibantu oleh banyak pihak. Bentuk dan ketukan dasar lagu ini diarahkan oleh kak Febri HIVI!, bass dimainkan oleh Isaiah Christov, perekaman drum dimainkan oleh kak Jessi Mates. Proses mixing kami dibantu oleh Mas Rayendra Sunito, dan mastering oleh kak Dimas Pradipta. Untuk rekaman vokal, kami diarahkan oleh mas Irvnat,” jelas Joy.

Sejak kecil, kakak beradik ini tumbuh dengan lagu gospel, jazz, pop, juga lagu-lagu vocal group rohani yang dikenalkan oleh kedua orangtua mereka. Kesuksesan “Badut Baru” yang viral diharapkan akan menjadi momentum penting dalam kiprah dbatlayar di industri musik Tanah Air. 

Raissa Ramadhani
Raissa Ramadhani – “LAURA”

Selain dbatlayar, chart Billboard Top 10 Newcomers per tanggal 13 September 2024 juga diisi 4 New Entry lainnya, termasuk Raissa Ramadhani dengan lagu berjudul “LAURA” yang menjadi soundtrack dari film Laura dan meraih peringkat kedua di minggu perdananya. Lagu ini sendiri dirilis pada tanggal 30 Agustus 2024 dan menjadi soundtrack orisinal pertama yang dibawakan oleh Raissa Ramadhani.

Peringkat ketiga ditempati Aldi Haqq dengan lagu “Feels Like We’re Still a Lover” yang naik 5 peringkat dari minggu sebelumnya, menggeser posisi Shanna Shannon dengan “Kehilanganmu” yang turun satu peringkat ke posisi 4.

Gabriella Ekaputri dengan “Burning Room” menjadi New Entry di posisi 5. Single ini adalah karya kedua Gabriella setelah debutnya dengan “Me & U.” Kali ini, dia berkolaborasi dengan musisi asal Swedia, Linnea Gawell dan Jonas Peker. Lagunya berwarna pop dengan sentuhan folk yang mellow, sangat berbeda dengan vibe danceable dari lagu pertamanya.

Posisi keenam ditempati oleh “Terbawa Suasana” dari Sisca Saras yang lengser dari kursi jawara di minggu sebelumnya, begitu pun “Orang Yang Salah” dari Novia Situmeang yang turun dari peringkat 5 ke peringkat 7. Berturut-turut, posisi 8 dan 9 diisi oleh dua New Entry, yaitu Aqeela Calista dengan “What You Like Boy” dan Clara Riva dengan “Coba Waras”.

Aqeela Calista
Aqeela Calista – “What You Like Boy”

Memulai kariernya sebagai aktris cilik, Aqeela Calista debut di dunia musik lewat single perdana “Cinta Tak Ada Yang Tahu” di tahun 2021 yang sukses meraih 4,3 juta views di YouTube. “What You Like Boy” merupakan single ketujuhnya dengan nuansa pop R&B kekinian yang sarat dengan lirik berbahasa Inggris di antara part berbahasa Indonesia.

Di posisi selanjutnya, Clara Riva merupakan seorang penyanyi sekaligus penulis lagu yang debut dengan single “Sulit Lupakanmu” di tahun 2022 dan kini kembali dengan single terbaru “Coba Waras”. Rentang dua tahun tersebut diisi Clara Riva dengan menulis lagu untuk penyanyi-penyanyi lain seperti “Bunga Hati” yang dinyanyikan Salma Salsabil, “Kisah Yang Lain” oleh Anggi Marito, dan banyak lagu lainnya yang juga sukses diterima pencinta musik Indonesia.

Menutup chart Billboard Indonesia Top 10 Newcomers tertanggal 13 September 2024 adalah Rakhano dengan “Sempat Tak Sempat” yang turun empat posisi dari peringkat 6 di minggu sebelumnya.

Billboard Indonesia Top 10 Newcomers merupakan daftar peringkat aksi musik pendatang baru teratas di Indonesia yang dihitung berdasarkan aktivitas streaming di layanan musik audio dan video serta melibatkan aspek kuratorial dari tim Editorial Billboard Indonesia yang dirilis secara dwimingguan.

Pantau dan simak terus chart Top 10 Newcomers selengkapnya di tautan berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

 

PMC

Billboard Indonesia is published under license from Penske Media Corporation. All rights reserved.
Billboard name and logo used by permission of Penske Media Corporation.
Powered by TNGR