Yacko Bersiap Tampil di LOUD Women Fest London Sekaligus Tur UK 2024

Selain menjadi satu-satunya penampil dari Indonesia, Yacko juga ikut serta merilis lagu “Hands Off (Random Remix)” dalam kompilasi Loud Women Fest ke-8 ini.
Yacko
Yacko
dok. Pribadi

Genre hip-hop pernah merasakan kesuksesan mainstream di skena musik Indonesia yang ditandai dengan berbagai hits viral yang bahkan masih ikonik sampai sekarang. Namun, seiring waktu ini genre ini seakan meredup dan kembali ke komunitas walau tak pernah benar-benar mati dengan para penggiat dan peminat yang sama-sama militan. Dari segelintir nama yang masih konsisten mengusung genre ini, Yacko menjadi catatan tersendiri. Tepat di hari ulang tahun hip-hop ke-51 di tanggal 11 Agustus 2024 kemarin, ia mengabarkan melalui akun instagramnya bahwa ia akan menjalankan UK Tour. 

Yacko menulis: “Happy 51st bday Hip Hop! Thank you for taking me everywhere. I learn so much from you. Even at this age, Hip Hop still gives me the opportunity to go places, meet new people, and get as many experiences as I can. Hip Hop gives me hope, di saat ada yang meragukan kemampuan dan karyaku, selalu ada harapan di luar sana yang percaya. I am grateful, I am thankful, I feel blessed, I am ready for my UK tour. Bismillah!”

Kesempatan ini bermula saat Yacko mendapat konfirmasi undangan untuk tampil di 8th Loud Women Fest di London. Mengutip pada majalah Kerrang, “LOUD WOMEN Fest is an annual festival and if you’ve ever looked at a festival lineup and wondered where all the women are, they’re playing LOUD WOMEN Fest”. Selain menjadi satu-satunya penampil dari Indonesia, Yacko juga ikut serta merilis lagu “Hands Off (Random Remix)” dalam kompilasi Loud Women Fest ke-8 ini. 

Tidak hanya London, Yacko juga mendapat kesempatan untuk bisa tampil di kota-kota lain di Inggris sebagai berikut:

  • Jumat, 30 Agustus – The Cluny 2, Newcastle Upon Tyne
  • Minggu, 1 September – Reading (TBC)
  • Selasa, 3 September – The Lady Luck, Canterbury 
  • Kamis, 5 September – Tom Thumb Theatre, Margate
  • Jumat, 6 September – The Cavern, Exeter 
  • Sabtu, 7 September – LOUD Women Fest, London
Poster line-up LOUD Women Fest 2024 yang turut menampilkan Yacko.

Dalam keterangan pers yang diterima Billboard Indonesia, Yacko mengakui bahwa perjalanan ini cukup menantang, karena ia berangkat dan mengurus segalanya sendiri. Ia harus memikirkan set tampil dan juga dokumentasi selama perjalanan. Apalagi terdengar kabar ada isu kerusuhan di beberapa kota di negara Inggris yang membuatnya khawatir. Namun dengan persiapan yang matang, Yacko yakin bisa menjalaninya. Ia berkata, “It’s Now or Never, so let’s do this!”

Yacko sendiri memulai kariernya di album Pesta Rap 2 di tahun 1996. Ia merilis album pertamanya di tahun 2005 dan sudah merilis 3 album serta masih terus merilis karya. Dikenal dengan gaya panggung yang energik serta liriknya kerap menyoroti tantangan yang dihadapi perempuan, ia juga tidak takut untuk mengeksplorasi musikalitasnya dan dapat berima dalam beat apapun. 

Di tahun 2024, Yacko merilis lagu “BAE” berkolaborasi dengan aplikasi game Bubb.Me dan di-feature di lagu “Baddie” rilisan dari Muztang. Selain berprofesi sebagai rapper, ia juga merupakan kepala akademik dan pengajar di kampus SAE Indonesia serta aktif menjalankan komunitas lari bernama Hip Hop Run It. Yacko juga kerap tampil menjadi emcee drum n bass bersama Javabass Soundsystem.


Simak kompilasi lagu-lagu Yacko di link Spotify ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

 

PMC

Billboard Indonesia is published under license from Penske Media Corporation. All rights reserved.
Billboard name and logo used by permission of Penske Media Corporation.
Powered by TNGR