Lagu BLACKPINK, “As If It’s Your Last” Tembus 600 Juta Streams

Karya rilisan resmi Juni 2017 tersebut merupakan lagu rekaman tunggal ketujuh BLACKPINK yang tembus angka streaming di atas 600 juta.
blackpink
Blackpink saat sesi foto untuk Billboard, 8 Februari 2019 di Smashbox Studios, Los Angeles, AS
Alexandra Gavillet

BLACKPINK telah mencatatkan pencapaian baru dalam sejarah kariernya, di mana lagu hit mereka, “As If It’s Your Last” baru-baru ini berhasil melampaui 600 juta streaming. Prestasi itu mengulang enam lagu mereka sebelumnya yang juga mencapai angka mencengangkan yang sama, sekaligus mengukuhkan BLACKPINK sebagai grup vokal perempuan dengan lagu terbanyak yang melebihi 600 juta streaming di platform tersebut.

Sebelumnya, grup vokal yang dihuni Jisoo, Jennie, Rosé, dan Lisa tersebut telah mencetak keberhasilan yang sama lewat lagu “How You Like That”, “Kill This Love”, “Pink Venom”, “DDU-DU DDU-DU”, “Shut Down”, dan “Kiss and Make Up”. 

“As If It’s Your Last” sendiri dirilis resmi pada 22 Juni 2017. Di tahun yang sama, lagu itu langsung menorehkan sejarah sebagai karya rekaman pertama dari artis Korea yang masuk ke tangga lagu mingguan global Spotify. Lalu pada 2022, BLACKPINK kembali membuat gebrakan lewat ”Shut Down”, yang melesat ke posisi #1 di chart yang sama, menandai tonggak sejarah lainnya untuk K-pop.

Dibentuk oleh YG Entertainment pada 2016, BLACKPINK dikenal dengan konsep “girl crush” di K-pop, mereka mewujudkan tema kepercayaan diri dan pemberdayaan perempuan. Mereka telah mendapatkan pengakuan global dan basis penggemar yang besar, membuat mereka mendapatkan gelar “grup perempuan terbesar di dunia”.

Sejak debutnya pada Agustus 2016 lewat Square One, album single yang menampilkan hit “Whistle” dan “Boombayah”, BLACKPINK secara konsisten memecahkan rekor. Terobosan global mereka datang lewat “Ddu-Du Ddu-Du” pada 2018. Lagu pertama dari grup vokal perempuan Korea yang memasuki daftar peringkat single Inggris dan meraih sertifikasi RIAA.

Video musik mereka, termasuk “Kill This Love” dan “How You Like That” berhasil mencetak rekor sebagai video yang paling banyak ditonton dalam waktu 24 jam di YouTube.

Pengaruh BLACKPINK tidak hanya terbatas pada musik. Mereka juga memegang rekor di tangga lagu Billboard, termasuk artis perempuan Korea dengan peringkat tertinggi di Hot 100. Album mereka, The Album dan Born Pink memecahkan rekor penjualan, dengan yang terakhir menduduki puncak Billboard 200 dan peringkat album terlaris di Inggris (UK Albums Chart). 

Mereka juga adalah pelopor dalam pertunjukan live, mencetak rekor dengan Born Pink World Tour dan menjadi artis Asia pertama yang menjadi penampil utama di Coachella.

Diakui secara global atas pengaruhnya, grup ini telah menerima banyak penghargaan, termasuk Golden Disc Awards dan MTV Video Music Awards. Mereka juga dikenal karena kerja advokasinya, termasuk kesadaran akan perubahan iklim, yang membuat mereka mendapatkan gelar Anggota Kehormatan Ordo Kerajaan Inggris (MBE) pada 2023 lalu.

Pada 2 Maret 2019, BLACKPINK juga menjadi artis perempuan Korea pertama yang tampil di sampul depan majalah Billboard.

blackpink
BLACKPINK di sampul Billboard
Alexandra Gavillet

BLACKPINK terus mendefinisikan ulang batasan K-pop, menginspirasi jutaan orang di seluruh dunia dengan musik, penampilan, dan pengaruh budaya mereka.

Tonton video musik resmi lagu “As If It’s Your Last” di tautan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

 

PMC

Billboard Indonesia is published under license from Penske Media Corporation. All rights reserved.
Billboard name and logo used by permission of Penske Media Corporation.
Powered by TNGR