Coldplay Umumkan Rincian Album Terbaru, “Moon Music”. Diproduksi dengan Limbah Daur Ulang

Rilisan fisik “Moon Music” akan dirilis dalam format ramah lingkungan, melibatkan daur ulang limbah botol plastik serta 90% bahan polikarbonat.
moon music
Coldplay
Anna Lee

Coldplay telah mengumumkan rincian album studio terbarunya, atau yang ke-10 berjudul Moon Music. Kali ini, proses produksinya melibatkan produser Max Martin, dan bakal dirilis secara resmi pada 4 Oktober 2024 mendatang.

Kabar yang telah dinanti-nanti oleh para penggemar band itu disiarkan Coldplay pada Senin pagi (17 Juni). Sementara seperti yang sudah dibocorkan sebelumnya, Coldplay telah meluncurkan “feelslikeimfallinginlove” sebagai single pertamanya.

Vokalis Chris Martin dan bandnya memberikan gambaran kepada para penggemar tentang hal-hal yang akan datang di Puskás Aréna, Budapest pada 16 Juni lalu, di mana mereka membawakan lagu baru tersebut secara penuh.

Sebelumnya, grup bentukan 1997 silam tersebut membagikan cuplikan nomor baru yang penuh euforia ini di media sosial mereka, bersama dengan karya seni yang menampilkan wajah planet yang memudar dengan korona warna-warni yang muncul dari permukaannya.

Di dalamnya, Martin menyanyikan bait: “It feels like I’m falling in love/ You’re throwing me a lifeline/ Oh, not for the first time/ I know I’m not alone.

Lalu sejalan dengan misi kepedulian mereka terhadap alam yang telah lama mereka jalani, seperti yang dikutip Billboard Indonesia dari siaran pers resmi mereka, Coldplay telah “berusaha keras” untuk membuat perilisan fisik album Moon Music ramah lingkungan.

Maka setiap piringan hitam 140gram yang mereka rilis akan mengandung sekitar sembilan botol plastik PET yang didaur ulang, yang diperoleh dari limbah buangan konsumen. Sementara untuk versi CD, dikatakan sebagai “yang pertama di dunia”, yang dirilis dalam bentuk EcoCD, dibuat dari 90% polikarbonat daur ulang, juga bersumber dari limbah pasca-konsumen.

Edisi pertama Moon Music (EcoRecord rPET LP dan EcoCD) akan tersedia dalam edisi terbatas, dengan nomor individual dan diproduksi dengan “spesifikasi lebih tinggi” daripada produksi berikutnya.

Moon Music sendiri merupakan kelanjutan dari rilisan terakhir Coldplay, yakni album Music Of The Spheres pada 2021 lalu, yang juga diproduseri Max Martin. Album itu menempati posisi No. 1 di Inggris dan Australia, dan No. 4 di Billboard 200 dan telah didengarkan sebanyak lebih dari empat miliar kali. Sementara single My Universe” yang menghadirkan kolaborasi dengan BTS mencapai No. 1 di chart Billboard Hot 100 dan masuk nominasi Album of the Year di Grammy Awards. 

Martin telah melepas tanda-tanda perilisan album baru setidaknya selama 18 bulan terakhir. Pada Januari 2023, dia mengatakan kepada Toronto City News bahwa band tersebut hampir menyelesaikan apa yang dia janjikan sebagai album penuh kedua dalam seri Music of the Spheres. Dia menegaskan kemungkinan tidak akan dirilis dalam waktu dekat, tapi Martin kemungkinan akan mulai meluncurkan beberapa lagu baru secara live pada tahun itu.

Perjalanan global Coldplay saat ini adalah untuk mendukung promo Music of the Spheres, yang dimulai sejak 18 Maret 2022 di Kosta Rika. Salah satunya berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta pada 15 November 2023 lalu.

Tur selama bertahun-tahun itu dijadwalkan bakal diakhiri di Eden Park di Auckland, Selandia Baru pada 16 November 2024 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

 

PMC

Billboard Indonesia is published under license from Penske Media Corporation. All rights reserved.
Billboard name and logo used by permission of Penske Media Corporation.
Powered by TNGR