Berkat “Cowboy Carter”, Beyoncé Raih Posisi No.1 yang Kedelapan di Billboard 200

Album itu juga berhasil debut di posisi No.1 pada kategori Top Country Albums, sehingga menjadikan Beyoncé sebagai perempuan kulit hitam pertama yang unggul di daftar tersebut.
Mason Poole

Cowboy Carter, album terbaru Beyoncé melaju ke posisi No. 1 di tangga album terlaris Billboard 200, memulai debutnya dengan 407.000 unit album setara lainnya yang diperoleh di AS pada pekan yang berakhir 4 April, menurut Luminate. Ini merupakan posisi No. 1 kedelapan yang diraih sang superstar di Billboard 200 untuk semua genre.

Kini, Cowboy Carter menjadi album terpopuler dalam sepekan di 2024, menyusul album 1989 (Taylor’s Version) dari Taylor Swift yang muncul dengan 1.653 juta unit pada tangga lagu 11 November 2023. Peluncuran Cowboy Carter juga menjadi minggu yang bersejarah bagi Beyoncé, dari segi jumlah, sejak album Lemonade-nya debut di No. 1 dengan 653.000 unit (kebanyakan dari penjualan album secara tradisional) pada tangga lagu 14 Mei 2016. Upaya baru ini juga membawa Beyoncé untuk mencapai total streaming terbesarnya dalam waktu sepekan.

Cowboy Carter juga meluncur di posisi No. 1 pada tangga Top Country Albums, Americana/Folk Albums, dan Top Album Sales Billboard. Dia adalah perempuan kulit hitam pertama yang pernah memimpin tangga Top Country Albums, yang dimulai sejak awal Januari 1964. Cowboy Carter juga mengklaim minggu terbesar untuk album country, berdasarkan unit yang diperoleh, sejak bulan Juli tahun lalu ketika Speak Now (Taylor’s Version) dari Taylor Swift, dibuka di No. 1 pada tangga lagu 22 Juli 2023 dengan 716.000 unit.

Cowboy Carter dibuka dengan single “Texas Hold ‘Em” dan “16 Carriages,” yang dirilis selama perayaan Super Bowl pada 11 Februari. Lagu-lagu tersebut mencapai puncak (melalui tangga lagu pada 6 April) di No. 1 dan 9, secara berturut-turut, pada tangga lagu Hot Country Songs Billboard, dan menandai entri pertama Beyoncé dalam daftar tersebut. Lagu-lagu tersebut juga mencapai No. 1 selama dua minggu, dan 38 pada tangga lagu Hot 100 Billboard untuk semua genre.

Tangga lagu Billboard 200 memberi peringkat album paling populer minggu ini di AS berdasarkan konsumsi multi-metrik yang diukur dalam unit album setara, yang disusun oleh Luminate. Unit terdiri dari penjualan album, album setara lagu (TEA) dan album setara streaming (SEA). Setiap unit sama dengan satu penjualan album, atau 10 lagu individual terjual dari sebuah album, atau 3.750 streaming audio dan video resmi yang didukung iklan atau 1.250 streaming audio dan video resmi berbayar/berlangganan sesuai permintaan yang dihasilkan oleh lagu-lagu dari sebuah album. Grafik baru bertanggal 13 April 2024 akan diunggah secara lengkap di situs web Billboard pada 9 April. Untuk semua berita grafik, ikuti @billboard dan @billboardcharts di X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter) dan Instagram.

Total unit Cowboy Carter pada minggu pertama mencapai angka 407.000, unit SEA terdiri dari 232.000 (setara dengan 300,41 juta streaming resmi on-demand dari lagu-lagu dalam set), penjualan album tradisional terdiri dari 168.000, dan unit TEA terdiri dari 7.000. Dengan 300,41 juta streaming resmi on-demand, Cowboy Carter menghasilkan total streaming terbesar dalam sepekan dan masuk posisi empat besar untuk album country.

Cowboy Carter juga menandai posisi No. 1 kedelapan yang diraih Beyoncé di tangga album Billboard 200. Dia sebelumnya memimpin daftar tersebut dengan Renaissance (pada tahun 2022), Lemonade (2016), album self-titled-nya (2013), 4 (2011), I Am… Sasha Fierce (2008), B’Day (2006) dan Dangerously In Love (2003). Beyoncé jadi penyanyi perempuan yang menduduki posisi keempat. Taylor Swift menempati posisi ke 1 dengan total 13 kali meraih posisi No. 1, kemudian diikuti oleh Barbra Streisand (11), Madonna (sembilan), Beyoncé (delapan), dan Janet Jackson (tujuh).

Penjualan Cowboy Carter didukung oleh ketersediaan album dalam sejumlah konfigurasi, dirilis pada tanggal 29 Maret. Album tersebut dikeluarkan dalam edisi standar berisi 19 lagu di vinyl (dalam empat variasi, masing-masing diproduksi dalam vinyl warna yang berbeda [hitam, merah, putih, dan biru] dengan karya seni cover belakang alternatif), sebuah CD dengan lagu tambahan (“Flamenco”), dan edisi unduhan digital dan streaming (keduanya dalam versi bersih dan eksplisit, dengan tiga lagu bonus “Flamenco,” “Spaghetti,” dan “Ya Ya,” ditambah dua interlude). Edisi CD dikeluarkan dalam empat variasi (masing-masing dengan karya seni cover belakang yang berbeda). Dua dari variasi tersebut dijual sebagai barang tunggal, sementara dua CD lainnya hanya tersedia di dalam dua set kotak mewah (masing-masing dengan kaos merek berbeda yang berisi di dalam kotak merek). Semua konfigurasi fisik album dijual secara eksklusif melalui toko web resmi Beyoncé, sementara edisi unduhan digital dan streaming tersedia secara luas.

Edisi vinyl Cowboy Carter terjual sebanyak 62.000 kopi (dalam empat variasi gabungan), menandai minggu terbesar Beyoncé di penjualan vinyl dan minggu terbesar untuk album vinyl apapun pada tahun 2024.

Cowboy Carter memiliki sejumlah bintang tamu yang beragam, termasuk Tanner Adell, putri Beyoncé Rumi Carter, Miley Cyrus, Willie Jones, Tiera Kennedy, Linda Martell, Willie Nelson, Dolly Parton, Post Malone, Reyna Roberts, Shaboozey, dan Brittney Spencer. Di antara banyak pemain tambahan di album ini yaitu; 070 Shake, Jon Batiste, Ryan Beatty, Gary Clark Jr., The-Dream, Rhiannon Giddens, Paul McCartney, Pharrell, Robert Randolph, Nile Rodgers, Raphael Saadiq, Sara Watkins, dan Stevie Wonder.

We Don’t Trust You dari Future and Metro Boomin turun ke No. 2 di tangga Billboard 200 terbaru setelah debut di puncak pada seminggu yang lalu. Album tersebut menghasilkan 131.000 unit album setara dalam minggu keduanya (turun 48%). One Thing at a Time dari Morgan Wallen yang pernah memimpin tangga lagu naik dari 4-3 dengan 69.000 (naik 2%) dan Eternal Sunshine dari Ariana Grande yang memuncak di tangga lagu turun dari 3-4 dengan 58.000 (turun 19%).

Hope On the Street, Vol. 1 dari J-Hope debut di No. 5 dengan 50.000 unit album setara yang diperoleh. Ini adalah upaya kedua J-Hope yang masuk 10 besar dan posisi tertingginya, setelah Jack In the Box, yang mencapai puncak di No. 6 pada tangga lagu tanggal 2 September 2023. Dari total 50.000 unit Hope On the Street, penjualan album terdiri dari 44.000, unit SEA terdiri dari 4.000 (setara dengan 5,7 juta streaming resmi on-demand dari lagu-lagu dalam set), dan unit TEA terdiri dari 2.000. Penjualan album ini didukung oleh delapan edisi CD koleksi (termasuk variasi eksklusif untuk Target, Walmart, dan toko Weverse), yang semuanya berisi merchandise branded.

Guts yang pernah memimpin tangga lagu dari Olivia Rodrigo turun dari 2-6 pada tangga lagu Billboard 200 yang baru, dengan 49.000 unit album setara yang diperoleh (turun 32%), Stick Season dari Noah Kahan turun dari 5-7 dengan 44.000 unit (turun 2%) dan Lover yang memuncak di tangga lagu dari Taylor Swift turun dari 7-8 dengan 40.000 unit (turun 1%). Melengkapi 10 besar adalah dua mantan pemimpin: SOS dari SZA (6-9 dengan 39.000; turun 3%) dan album self-titled dari Zach Bryan (8-10 dengan hampir 39.000; turun 1%).

Luminate, penyedia data independen untuk tangga lagu Billboard, menyelesaikan tinjauan menyeluruh dari semua pengiriman data yang digunakan dalam menyusun peringkat mingguan tangga lagu. Luminate meninjau dan mengautentikasi data. Dalam kemitraan dengan Billboard, data yang dianggap mencurigakan atau tidak dapat diverifikasi dihapus, menggunakan kriteria yang telah ditetapkan, sebelum perhitungan tangga lagu akhir dilakukan dan dipublikasikan.

Artikel ini ditulis oleh Keith Caulfield dan pertama kali tayang di Billboard.com dengan judul “Beyoncé Achieves Eighth No. 1 Album on Billboard 200 With ‘Cowboy Carter’” (07/04/2024).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

 

PMC

Billboard Indonesia is published under license from Penske Media Corporation. All rights reserved.
Billboard name and logo used by permission of Penske Media Corporation.
Powered by TNGR