10 Prestasi Terbaik Artis Asia dalam Sejarah Chart Billboard: Ada BLACKPINK hingga Joji

Dalam rangka perayaan Bulan Pewaris Budaya Asia dan Kepulauan Pasifik, mari kita melihat beberapa langkah besar yang diambil oleh artis Asia dalam sejarah chart, mulai dari tahun 1960-an hingga tahun 2020-an.
BLACKPINK
YG Entertainment

“Dynamite” BTS menciptakan sejarah di No. 1 (2020)

    Meskipun tahun 2020 adalah tahun yang berkesan bagi beberapa aksi K-pop, BTS menjadikannya sebagai tahun pencapaian rekor. Setelah masuk ke 10 besar pada tahun-tahun sebelumnya, single menular mereka “Dynamite” langsung meluncur ke No. 1 di Hot 100 pada bulan September 2020, menjadikan BTS sebagai aksi musik Korea Selatan pertama yang pernah menduduki puncak chart tersebut. Single bahasa Inggris pertama mereka menghabiskan 3 minggu tidak berurutan di puncak, tetapi “Dynamite” hanya satu bagian dari tahun chart mereka yang gemilang: sebelum akhir tahun 2020, BTS juga mencapai No. 1 sebagai tamu di “Savage Love (Laxed – Siren Beat)” oleh Jawsh 685 dan Jason Derulo, dan lagi dengan single mereka sendiri, “Life Goes On.”

    “On the Ground” oleh Rosé BLACKPINK menjadi lagu dengan peringkat tertinggi oleh solois perempuan Korea (2021)

    Mengikuti jejak CL sebagai anggota grup musik perempuan K-pop yang juga masuk chart sendiri, Rosé BLACKPINK merilis lagu solo “On the Ground” pada tahun 2021, dengan melodi yang ramai dan jelas berbeda dari suara biasa BLACKPINK. Lagu ini mencapai No. 70 di Hot 100, membuat lagu debutnya menjadi single dengan peringkat tertinggi oleh solois perempuan Korea sebelum rilis proyek solonya, R, pada tahun 2021.

    “Glimpse of Us” oleh Joji mencetak debut 10 besar pertama bagi aksi solo Asia di Hot 100 (2022)

      Karier Joji telah menuju puncak keberhasilan ketika ia merilis “Glimpse of Us” dari rekaman ketiganya, Smithereens—dan lagu emosional tersebut langsung debut di No. 10 pada bulan Juni 2022, naik ke puncak No. 8 sebulan kemudian. Keberhasilan awalnya sebagian besar dapat dikaitkan dengan TikTok, di mana pengguna menghasilkan banyak klip video memakai bagian chorus lagu ini, meskipun “Glimpse of Us” juga menemukan audiens streaming yang besar selain dari aplikasi tersebut. Lagunya menandai debut pertama solois Asia di 10 besar Hot 100, dan Joji juga menjadi artis Jepang kedua yang mencapai 10 besar, setelah Kyu Sakamoto pada tahun 1963.

      BLACKPINK mencetak No. 1 pertama di Billboard 200 untuk grup musik perempuan K-pop (2022)

      Keberlangsungan BLACKPINK telah membantu kuartet ini memecahkan beberapa rekor di berbagai platform, mulai dari menjadi artis pertama yang mencapai 75 juta pelanggan di YouTube pada Juni 2022 hingga menjadi aksi Asia pertama yang menjadi headline di Coachella pada 2023. Namun, pada September 2022, grup ini membuat sejarah di chart album Billboard 200 ketika proyek kedua mereka, Born Pink, debut di No. 1, menjadikan BLACKPINK sebagai grup musik perempuan K-pop pertama yang menduduki puncak chart tersebut. Lagu-lagu ceria “Hard to Love” dan adiktif “Pink Venom” dalam daftar delapan lagu album tersebut turut menyumbang kesuksesan global album tersebut, dan sejak itu telah mengumpulkan ratusan juta streaming.

      GOT7 mencatat rekor chart World Albums di antara aksi K-pop

      Dengan 19 entri di chart World Albums, septet K-pop multibenua ini tetap produktif dan mendapat apresiasi konsisten dari pendengar global. Dari 19, GOT7 memiliki 15 proyek 10 besar dan empat yang menduduki puncak chart, termasuk EP Got It? mereka pada tahun 2014 dan Flight Log: Turbulence pada tahun 2016. Meskipun GOT7 meninggalkan JYP Entertainment pada tahun 2021, suara mereka yang sinkopat dan cepat tetap dicintai oleh penggemar di seluruh dunia, dan grup ini meraih debut 10 besar dengan proyek bernama mereka sendiri pada tahun 2022.

      Artikel ini ditulis oleh Cam Zhang di Billboard.com dengan judul “10 Significant Achievements by Asian Artists in Billboard Chart History: From Kyu Sakamato to PSY to BLACKPINK” (15/05/2024).

            Leave a Reply

            Your email address will not be published. Required fields are marked *

            Related Posts

             

            PMC

            Billboard Indonesia is published under license from Penske Media Corporation. All rights reserved.
            Billboard name and logo used by permission of Penske Media Corporation.
            Powered by TNGR