“Music of the Spheres World Tour” Milik Coldplay Jadi Tur Rock Terbesar Sepanjang Masa

“Music of the Spheres World Tour” milik Coldplay jadi tur paling laris di antara artis rock dalam hampir 40 tahun Boxscore melacak data konser.
coldplay
Chris Martin dari Coldplay tampil di Stadio Olimpico, Roma, Italia pada 12 Juli 2024
Roberto Panucci – Corbis/Corbis via Getty Images

“Music of the Spheres World Tour” milik Coldplay meraup 945 juta dolar AS dan menjual lebih dari delapan juta tiket.

Coldplay menjalani tur Eropa ketiga dari rangkaian “Music of the Spheres World Tour” mereka, yang juga membawa kuartet Inggris tersebut ke Asia dan Amerika Utara dan Selatan, dengan 11 pertunjukan yang dijadwalkan di Australia dan Selandia Baru akhir tahun ini.

Dalam semua perjalanan keliling dunia itu, band ini mencatatkan sejarah Boxscore, membangun tur rock terbesar sepanjang masa dalam arsip tur Billboard.

Menurut angka yang dilaporkan ke Billboard Boxscore, “The Music of the Spheres World Tour” telah meraup 945,7 juta dolar AS dan menjual 8,8 juta tiket sejak mulai dijalankan pada Maret 2022.

Ini menjadikannya tur paling menguntungkan dan terlaris di antara artis rock dalam hampir 40 tahun Boxscore melacak data konser.

Di antara tur rock terlaris, Coldplay berhasil mengalahkan “Farewell Yellow Brick Road Tour” milik Elton John yang meraup 939,1 juta dolar AS selama penyelenggaraannya dari periode 2018-2023. John memecahkan rekor pada November 2022, mengalahkan “U2 360 Tour” milik U2 yang meraup 736,4 juta dolar AS dari periode 2009-2011.

Sebelumnya, ada “A Bigger Bang Tour” milik The Rolling Stones dengan 558 juta dolar AS pada 2005-07. Adapun 10 besar tur paling laris sepanjang masa juga diisi oleh AC/DC, Guns N’ Roses, Red Hot Chili Peppers, dan Roger Waters.

Sementara itu, berdasarkan penjualan tiket, Coldplay memegang gelar konser rock terlaris sepanjang masa sejak Januari. Meskipun rekor pendapatan sering mengalami perubahan di mana sebagian karena inflasi dan pasar tiket yang terus melonjak, rekor kehadiran ini lebih kokoh.

Coldplay mengakhiri rekor 13 tahun U2, melampaui 7,3 juta tiket “U2 360 Tour”. Sebelumnya, The Rolling Stones bertahan kuat selama 16 tahun dengan 6,4 juta tiket selama “Voodoo Lounge Tour” pada 1994-95.

Coldplay memiliki 21 konser – setengahnya di Eropa dan sebagian lagi di Oseania – yang tersisa dalam jadwal saat ini. Berdasarkan rekam jejak mereka tahun ini, tanggal yang tersisa dapat menambah satu juta tiket lagi ke dalam total tur tersebut, yang pada akhirnya mendekati jumlah yang belum pernah terjadi sebelumnya yaitu 10 juta.

Artikel ini didasari tulisan Eric Frankenberg yang tayang di Billboard.com dengan judul “Coldplay’s Music of the Spheres World Tour Is the Biggest Rock Tour of All Time” (16/08/2024).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

 

PMC

Billboard Indonesia is published under license from Penske Media Corporation. All rights reserved.
Billboard name and logo used by permission of Penske Media Corporation.
Powered by TNGR