Billie Eilish Resmi Lampaui Pendengar Bulanan The Weeknd di Spotify

Billie Eilish, bersama dengan Taylor Swift dan The Weeknd, sekarang menjadi satu dari hanya tiga artis yang melampaui angka 100 juta pendengar bulanan.
Billie Eilish
Billie Eilish
Darkroom/Interscope Records

Bermodalkan sebanyak 100,1 juta pendengar bulanan, penyanyi Billie Eilish kini telah mengklaim posisi teratas di Spotify. Ia melampaui jumlah yang dicapai The Weeknd, yang saat ini memiliki 99,8 juta pendengar bulanan.

Pencapaian Billie Eilish tersebut diumumkan oleh Spotify melalui akun pelacakan data X pada hari Senin (19 Agustus).

Billie Eilish, bersama dengan Taylor Swift dan The Weeknd, sekarang menjadi satu dari hanya tiga artis yang melampaui angka 100 juta pendengar bulanan. Pada usia 22 tahun, ia adalah artis termuda yang mencapai tonggak sejarah tersebut.

Ketika Billie pertama kali mencapai prestasi itu pada Juni 2024 lalu, Jeremy Erlich, kepala musik global Spotify, mengatakan kepada Billboard: “Spotify telah menjadi bagian dari kisah Billie sejak awal. Sejak (single debut) ‘Ocean Eyes’, ia terus mengembangkan basis penggemarnya di seluruh dunia. Apa yang telah ia dan (saudara kolaboratornya) Finneas capai sejak 2016 cukup luar biasa … dan semua ini terjadi pada usia 22 tahun.”

Perlu dicatat bahwa, delapan dari 82 lagu Billie Eilish telah mencapai lebih dari satu miliar streaming di Spotify, yang langsung menempatkannya di Spotify Billions Club.

Lagu-lagu tenarnya itu, termasuk kolaborasi ciamiknya dengan Khalid (2,9 miliar streaming), dan lagu solo seperti “Bad Guy” (2,6 miliar streaming), “When the Party’s Over” (1,9 miliar streaming), “Everything I Wanted” (1,7 miliar streaming), “Ocean Eyes” (1,5 miliar streaming), “Happier Than Ever” (1,4 miliar streaming), “Idontwannabeyouanymore” (1,1 miliar streaming) dan “Bury a Friend” (1 miliar streaming).

Ketenaran Billie Eilish sendiri dimulai pada 2018 lalu, ketika singel debutnya, “Ocean Eyes” masuk ke Billboard Hot 100. Lagu tersebut akhirnya memuncak di nomor 84 pada tahun berikutnya. Sejak saat itu, ia telah mencapai tangga lagu tersebut bersama 42 entri lagu lainnya. Termasuk enam lagu hit Top 10, yang paling menonjol adalah “Bad Guy”, yang mengklaim posisi nomor satu pada 2019, menurut Billboard.

Kesuksesan Billie di tangga lagu meluas ke album-albumnya. Album debutnya, When We All Fall Asleep, Where Do We Go? dan album keduanya, Happier Than Ever, masing-masing berhasil menaklukkan Billboard 200 selama tiga minggu. Album terbarunya, Hit Me Hard and Soft yang memuat 10 lagu, menghasilkan debut yang kuat di nomor dua.

Ketika Billie Eilish menandatangani kesepakatan perilisan secara eksklusif dengan Universal Music Group pada November 2018, dianggap sebagai salah satu penjualan teratas untuk label tersebut, selama kuartal kedua bersama artis lain seperti Taylor Swift, SEVENTEEN, Morgan Wallen dan grup Ae!.

Perkembangan terbaru itu terjadi beberapa hari setelah Billie meninggalkan Wasserman Music untuk bergabung ke agensi saingannya, William Morris Endeavor (WME), paska skandal tabloid yang melibatkan agen bakat Casey Wasserman.

Billie Eilish dan saudara laki-lakinya, Finneas O’Connell, kini menandatangani kontrak dengan WME untuk tur dan konser di seluruh dunia, serta film dan TV.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

 

PMC

Billboard Indonesia is published under license from Penske Media Corporation. All rights reserved.
Billboard name and logo used by permission of Penske Media Corporation.
Powered by TNGR