Spotify Perluas Akses Lirik ke Pengguna Gratisan

Pengguna yang tidak mengaktifkan paket berbayar di platform Spotify sebelumnya hanya dapat melihat tiga lirik lagu per bulan.
spotify

Pendengar yang menggunakan paket gratis Spotify kini memiliki akses ke lebih banyak lirik lagu sejak Selasa (30 Juli), menurut laporan TechCrunch.

Platform audio streaming ini sendiri pernah memberi akses ke semua pengguna untuk melihat lirik lagu secara langsung pada musim gugur 2021 lalu. Fitur itu mulai diuji dua tahun sebelumnya.

Tapi belum lama ini, perusahaan asal Swedia tersebut mulai membatasi jumlah lirik lagu yang dapat dilihat oleh pengguna yang tidak membayar menjadi hanya tiga per bulan. Pendengar yang melampaui batas akan menemui pesan yang mendorong mereka untuk berlangganan platform tersebut: “Untuk mendapatkan akses penuh ke lirik, beralihlah ke Spotify premium.”

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh CJ Stanley, salah satu kepala komunikasi global Spotify, ia menegaskan bahwa mereka secara rutin melakukan sejumlah pengujian. “Beberapa pengujian tersebut akhirnya membuka jalan bagi pengalaman pengguna yang lebih luas.”

“Ini berarti ketersediaan fitur kami dapat bervariasi di berbagai tingkatan dan antara pasar dan perangkat,” tambah juru bicara tersebut. “Selama beberapa minggu mendatang, kami akan memperluas ketersediaan lirik untuk pengguna Spotify Free sehingga lebih banyak orang dapat menikmati melihat lebih banyak lirik, secara global.”

Baru-baru ini, Spotify mengumumkan bahwa mereka telah menambah tujuh juta pelanggan pada kuartal kedua tahun 2024 — melampaui perkiraannya sendiri sekitar satu juta. Kini 246 juta orang membayar aplikasi tersebut, dan secara keseluruhan memiliki 626 juta pengguna aktif bulanan. Perusahaan juga mencatat bahwa mereka telah memperoleh laba untuk kuartal ketiga berturut-turut.

“Meskipun banyak yang percaya bahwa kami memiliki produk yang hebat, kami perlu membuktikan bahwa kami juga bisa menjadi bisnis yang hebat,” kata CEO Daniel Ek kepada analis keuangan.

“Saya pikir kami benar-benar mulai menunjukkannya sekarang.”

Selain itu, Ek juga membahas rencana Spotify untuk meluncurkan “versi yang jauh lebih baik” dari platform tersebut dengan harga yang jauh lebih tinggi. 

“Pikirkan sekitar $5 di atas tingkat premium saat ini, jadi mungkin sekitar titik harga $17-$18, tetapi semacam versi deluxe yang memiliki semua manfaat yang dimiliki versi Spotify normal ditambah kontrol dan kualitas yang lebih menyeluruh,” katanya.

Spotify terus mendominasi pasar streaming musik global. Pada kuartal kedua tahun 2024, basis pelanggan Premium global Spotify meningkat sebesar 12% YoY menjadi 246 juta pengguna berbayar. Jumlah terbaru juga naik sebesar 7 juta pelanggan bersih dari 239 juta yang dicatat perusahaan pada akhir kuartal pertama.

Jumlah total pengguna aktif bulanan platform, yang menggabungkan pengguna berbayar dan pengguna yang didukung iklan, juga tumbuh 14% YoY menjadi 626 juta. Secara kuartal ke kuartal, menurut Spotify pada 23 Juli lalu, angka tersebut juga naik sebesar 11 juta dari 615 juta pengguna aktif bulanan yang dilaporkan pada Q1 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

 

PMC

Billboard Indonesia is published under license from Penske Media Corporation. All rights reserved.
Billboard name and logo used by permission of Penske Media Corporation.
Powered by TNGR