Woozi dari SEVENTEEN Membantah Klaim Grupnya Menggunakan AI untuk Menulis Lagu

Komentar ini muncul setelah sebuah laporan berspekulasi bahwa beberapa grup K-pop termasuk SEVENTEEN telah menggunakan teknologi untuk menulis lirik dan membuat video.
WOOZI SEVENTEEN
Woozi dari SEVENTEEN
Joe Okpako

Personel/produser SEVENTEEN, WOOZI, menanggapi sebuah artikel berita dari Inggris yang mengklaim bahwa grup K-pop tersebut menggunakan kecerdasan buatan saat merekam musik mereka. WOOZI, yang juga ikut menulis lagu-lagu grup tersebut, dikabarkan memiliki pendapat setelah sebuah artikel dari BBC News yang diunggah minggu lalu mengklaim bahwa single terbaru SEVENTEEN, “Maestro,” adalah contoh dari grup tersebut yang memanfaatkan penggunaan kecerdasan buatan dalam proses kreatif.

Artikel berjudul “Will K-pop’s AI Experiment Pay Off?” mencatat bahwa video lagu tersebut memiliki adegan yang dihasilkan oleh AI, dengan media tersebut mengutip WOOZI yang dikabarkan mengatakan bahwa ia “mencoba” AI saat membuat musik baru dan bahwa grup tersebut “melatih membuat lagu dengan AI, karena kami ingin berkembang seiring dengan teknologi daripada mengeluh tentangnya.”

Menurut NME, WOOZI mengunggah tanggapan di Instagram Story-nya pada hari Minggu di mana dia mengatakan, “Semua musik SEVENTEEN ditulis dan diciptakan oleh pencipta manusia.” Media Korea Newsis mengklaim bahwa komentar asli WOOZI diambil di luar konteks dan apa yang dia katakan adalah: “Saya telah mencoba menulis dan menciptakan lirik dengan AI, tentu saja. Daripada mengeluh, saya akan berlatih seiring dengan itu. Saya mencari kekurangan dan memikirkan kekuatan apa yang ada. Teknologi berkembang pesat. Saya memikirkan bagaimana menjaga identitas unik kami dalam konteks itu. Saya pikir kami memiliki chemistry yang baik karena kami mampu membentuk rasa empati yang baik saat syuting video musik dengan para sutradara.”

Newsis juga mengutip label SEVENTEEN, Pledis Entertainment, yang mendukung WOOZI, dengan mengatakan, “Tidak benar bahwa AI digunakan dalam lirik lagu SEVENTEEN, dan kami telah menyampaikan posisi kami kepada media asing yang melaporkan hal ini untuk mengoreksi kontennya.”

Pada bulan April, Soompi melaporkan bahwa saat mempromosikan album greatest hits terbaru band tersebut, 17 Is Right Here, WOOZI berbicara tentang berlatih menulis lagu menggunakan AI untuk memahami kelebihan dan kekurangannya, tetapi menekankan bahwa dia tidak menggunakannya saat ini.

Saat berita ini ditulis, juru bicara SEVENTEEN belum menanggapi permintaan komentar dari Billboard.

BBC kemudian menambahkan catatan editor pada artikelnya yang membantah klaim tentang SEVENTEEN yang berbunyi: “Artikel ini telah diubah untuk mengonfirmasi bahwa meskipun AI sedang diuji coba di K-pop, AI tidak digunakan untuk menulis lagu untuk album terbaru SEVENTEEN.”

Artikel ini pertama kali tayang di Billboard.com dengan tajuk “SEVENTEEN’S Woozi Denies Claims Group Used AI to Write Songs: ‘Written and Composed By Human Creators’” yang ditulis oleh Gil Kaufman (15/07/2024).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

 

PMC

Billboard Indonesia is published under license from Penske Media Corporation. All rights reserved.
Billboard name and logo used by permission of Penske Media Corporation.
Powered by TNGR