Spotify Menghapus Musik Artis Rusia yang Mendukung Invasi Ukraina

Layanan streaming Spotify mengatakan para artis tersebut “memenuhi ambang batas penghapusan” dengan melanggar “kebijakan konten atau hukum setempat”.
spotify
Ilustrasi oleh Pavlo Gonchar/SOPA Images/LightRocket via Getty Images

Spotify telah menghapus musik dan profil beberapa artis Rusia yang mendukung invasi Ukraina dan telah diberi sanksi oleh Uni Eropa dan negara-negara Barat lainnya. Billboard telah mengonfirmasi kebijakan itu. Penghapusan tersebut pertama kali dilaporkan oleh The Moscow Times.

“Peraturan platform dengan jelas menyatakan bahwa kami mengambil tindakan ketika kami mengidentifikasi konten yang secara eksplisit melanggar kebijakan konten kami atau hukum setempat,” kata juru bicara Spotify dalam pernyataan yang dikirim ke Billboard. “Setelah ditinjau, artis-artis ini memenuhi ambang batas penghapusan.”

Spotify tidak mengatakan pelanggaran spesifik apa yang mengakibatkan penghapusan tersebut.

Menurut kanal Telegram Rodnoy Zvuk, penghapusan tersebut berdampak pada artis Polina Gagarina, Grigory Leps, Oleg Gazmanov, Shaman, Chicherina, Lyube, dan mungkin lainnya. Musik dari artis-artis tersebut saat ini masih tersedia di layanan streaming saingannya, termasuk Apple Music dan YouTube.

Gagarina dan Shaman tampaknya menjadi target terbaru sanksi Uni Eropa, setelah muncul dalam daftar nama yang dikeluarkan oleh badan tersebut pada tanggal 24 Juni. Dokumen tersebut mengklaim keduanya telah berpartisipasi dalam acara pro-perang yang disponsori oleh pemerintah Rusia, dan mencatat bahwa Shaman (nama asli Yaroslav Yuryevich Dronov) juga “mengadakan konser di wilayah yang diduduki secara ilegal di Ukraina, termasuk sebagai bagian dari acara hiburan pasukan untuk Rusia. Pasukan bersenjata.”

The Moscow Times melaporkan artis lain yang disebutkan dalam unggahan Telegram tersebut dijatuhi sanksi pada 2022 lalu, setelah invasi awal Rusia.

Pada 2 Maret 2022, Spotify mengumumkan bahwa mereka telah menutup kantornya di Rusia tanpa batas waktu setelah invasi 24 Februari, dan pada saat itu menyatakan bahwa mereka akan “memberikan dukungan individu kepada personel kami di wilayah tersebut serta komunitas global kami. Karyawan Ukraina.”

Sebelum penutupan, streamer tersebut mengatakan bahwa mereka telah meninjau “ribuan konten” di platform tersebut dan membatasi penemuan konten yang cenderung propaganda, serta menghapus konten dari outlet berita milik negara RT dan Sputnik.

Kemudian pada bulan Maret, perusahaan tersebut – yang diluncurkan di Rusia pada 2020 – menutup layanannya di negara tersebut sama sekali, dengan alasan undang-undang yang diberlakukan oleh Kremlin yang menyatakan bahwa menggambarkan konflik Ukraina sebagai perang yang dimulai oleh Rusia, merupakan pelanggaran pidana.

Artikel ini didasari tulisan Chris Eggertsen yang tayang di Billboard.com dengan judul Spotify Removes Music by Russian Artists Supportive of Ukraine Invasion. (01/07/2024).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

 

PMC

Billboard Indonesia is published under license from Penske Media Corporation. All rights reserved.
Billboard name and logo used by permission of Penske Media Corporation.
Powered by TNGR