“Sour” dari Olivia Rodrigo Menjadi Album Artis Perempuan dengan Streaming Terbanyak di Spotify

Album debut Olivia Rodrigo “Sour” terus memecahkan rekor sejak dirilis tiga tahun lalu.
Olivia Rodrigo
Olivia Rodrigo
Zamar Velez

Dirilis oleh Geffen Records pada 21 Mei 2021, Sour yang menjadi album debut Olivia Rodrigo ketika ia berusia 18 tahun merupakan album debut terbesar di tahun itu dan memecahkan rekor sebagai album artis perempuan paling banyak di-stream dalam seminggu di sejarah Spotify dengan 385 juta streams secara global.

Tanggal 21 Mei kemarin, Geffen Records mengumumkan bahwa Sour telah menjadi album artis perempuan dengan streaming tertinggi sepanjang masa di Spotify dengan total streaming melampaui 12,3 miliar kali sampai informasi ini dikabarkan.

Berisi sebelas lagu, single perdana dari album ini “drivers license” juga menjadi salah satu hit terbesar di tahun 2021 dengan 76 juta streams di minggu perdananya yang mengantarkannya ke posisi puncak Billboard Hot 100 dan bertahan selama delapan minggu.

Tak hanya di tangga lagu Billboard, lagu itu juga meraih debut streaming mingguan tertinggi secara global di Spotify dan menjadi lagu pertama yang melewati 1 miliar streams secara global di tahun 2021.

Menurut data terbaru yang diambil dari Chartmetric, sampai tanggal 21 Mei ini “drivers license” telah di-stream lebih dari 2,16 miliar kali di Spotify dengan stream rata-rata harian sebesar 935.000 streams.

Cover album “Sour”
Geffen Records

Selain “drivers license”, lima lagu lain dari Sour juga telah melampaui 1 miliar streams di Spotify sampai hari ini dan dua di antaranya telah melewati 2 miliar streams di platform tersebut.

Lagu tertinggi kedua yang paling banyak di-stream dari Sour adalah “Good 4 U” yang telah menembus angka 2,15 miliar streams di Spotify berdasarkan data terbaru dari Chartmetric hingga hari ini.

Dilansir dari artikel Music Business Worldwide, dalam sebuah konser di London akhir pekan lalu, Olivia Rodrigo memberikan komentar atas berita ini. “Saya diberi tahu beberapa hari lalu bahwa Sour menjadi album dengan stream tertinggi oleh artis perempuan di Spotify. Dan ini semua terjadi berkat kalian. Saya tidak bisa berhenti berterima kasih terhadap kalian,” ungkapnya di hadapan penonton konser tersebut.

Ia pun menambahkan, bahwa ia “membuat Sour di kamar tidur saya dan garasi produser saya, dan saya tidak menaruh ekspektasi terhadap siapapun selain ibu dan sahabat-sahabat saya untuk mendengarkan lagu ini. Tapi ternyata, banyak orang yang bisa relate dengan semua perasaan yang saya curahkan di album ini.”

Selain mendapat sertifikasi emas dari RIAA (Recording Industry Association of America) di minggu perdananya, semua 11 lagu di album Sour juga mendarat di top 30 tangga lagu US Hot 100, mengantarkan Olivia Rodrigo menjadi artis perempuan pertama dan aksi musik keempat yang memiliki 11 atau lebih lagu yang bertengger di Top 30 chart tersebut dalam waktu yang bersamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

 

PMC

Billboard Indonesia is published under license from Penske Media Corporation. All rights reserved.
Billboard name and logo used by permission of Penske Media Corporation.
Powered by TNGR