Spotify Rencanakan Kenaikan Harga Baru, dan Lebih Mahal

Layanan streaming audio raksasa Spotify dilaporkan sudah merencanakan kenaikan harga berikutnya, dan tengah merevisi struktur langganannya.

Spotify sedang berancang-ancang untuk membuat perubahan besar pada paket berlangganannya. Layanan streaming audio raksasa asal Swedia tersebut dilaporkan sudah merencanakan kenaikan harga berikutnya, dan kini juga tengah merevisi struktur langganannya. Rencana kenaikan itu terungkap lewat laporan terbaru dari Bloomberg.

Pada akhir April, Spotify dilaporkan berencana menaikkan paket langganan individualnya sebesar $1 setiap bulan dan paket Premium Family dan Premium Duo sebesar $2, yang akan diberlakukan di Inggris, Australia serta Pakistan. Kenaikan harga akan diterapkan ke pasar lain akhir tahun ini, termasuk Amerika Serikat.

Terakhir kali Spotify menaikkan harga langganannya adalah tahun lalu, ketika Spotify menaikkan paket langganan Premium dari $9,99 menjadi $10,99 per bulan. Paket Keluarga Premiumnya juga naik dari $15,99 menjadi $16,99 per bulan. Premium Duo meningkat dari $12,99 menjadi $14,99, dan Premium Student naik dari $4,99 menjadi $5,99 per bulan.

Kabar kenaikan tersebut terjadi tak lama setelah Tidal menurunkan harga langganan “HiFi Plus” menjadi $10,99 per bulan. Spotify Premium sekali lagi menjadi lebih mahal. Bahkan harganya lebih mahal dibanding Apple Music, Tidal, Amazon Music, dan sejenisnya untuk pertama kalinya. Namun, struktur langganan baru konon akan memungkinkan pengguna untuk mempertahankan harga lama selama mereka dapat melakukannya tanpa buku audio. Jika pengguna ingin melakukan streaming buku audio, mereka harus mengeluarkan biaya ekstra.

Untuk menghindari kehilangan pelanggan – seperti sudah disinggung di atas – Spotify bermaksud mengubah struktur langganannya dan memperkenalkan langganan ‘Dasar’ baru yang mencakup musik dan podcast, tetapi tanpa kesertaan buku audio. Langganan tersebut akan ditawarkan dengan harga langganan Premium saat ini, yaitu $10,99 per bulan. Langganan Premium mencakup 15 jam streaming buku audio per bulan, yang harus dibayar secara terpisah oleh pengguna langganan Basic.

Spotify juga dikatakan sedang mengerjakan langganan ‘Supremium‘ yang lebih mahal, yang akan memberi pengguna akses ke musik dalam kualitas hi-fi dengan harga lebih tinggi. Apakah rencana itu pada akhirnya akan dilaksanakan masih harus ditunggu perkembangannya, karena pesaing seperti Apple Music dan Tidal kini menawarkan kualitas hi-fi tanpa dikenakan biaya tambahan.

Kebijakan kenaikan harga ini bertujuan untuk membuat Spotify mendapatkan keuntungan. Karena meskipun raksasa streaming tersebut menghasilkan pendapatan setara dengan sekitar $14,3 miliar pada 2023 lalu, namun sebenarnya mereka juga mengalami kerugian sekitar $483 juta.

Spotify baru-baru ini memperingatkan para investornya bahwa kenaikan harga akan segera terjadi pada 2024. Dalam laporan pendapatan pada Februari, CEO Spotify Daniel Ek mengklaim bahwa “tingkat hambatan investasi telah meningkat” dan sebagai hasilnya, Spotify mungkin menghasilkan sedikit keuntungan perubahan.

“Kami memiliki berbagai faktor yang dapat digunakan pada waktu yang berbeda untuk mendorong pertumbuhan pendapatan. Hal ini termasuk meningkatkan jumlah pengguna kami, menciptakan bisnis baru dengan aliran pendapatan baru, dan meningkatkan pendapatan per pengguna melalui kenaikan harga,” ujar Ek.

Spotify telah banyak berinvestasi dalam memperluas bisnis buku audio selama setahun terakhir. Pada November, mereka menambahkan 200.000 judul buku audio ke platformnya di AS, yang tersedia bagi pelanggan premium yang memiliki 15 jam akses buku audio setiap bulannya.

Selama kuartal keempat tahun 2023, jumlah pendapatan yang diperoleh perusahaan setelah biaya langsung, adalah 26,7%. Margin kotor tersebut meningkat tipis dari 26,4% yang dilaporkan pada kuartal ketiga. Spotify mengatakan dalam laporan pendapatannya bahwa pertumbuhan tersebut sebagian diimbangi oleh biaya awal buku audio. Margin kotornya selama periode waktu tersebut adalah 26,7%.

“Pada Q4, kami menjadi penyedia buku audio No. 2 di belakang Audible, yang merupakan hal yang penting mengingat betapa kuatnya para pemain lama,” kata Ek meyakinkan, pada Februari lalu.

Investasi besar Spotify pada buku audio terjadi tepat sebelum mereka memberhentikan 1.500 karyawannya pada Desember lalu, yang berarti pengurangan 17% dari tenaga kerjanya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

 

PMC

Billboard Indonesia is published under license from Penske Media Corporation. All rights reserved.
Billboard name and logo used by permission of Penske Media Corporation.
Powered by TNGR