10 Prestasi Terbaik Artis Asia dalam Sejarah Chart Billboard: Ada BLACKPINK hingga Joji

Dalam rangka perayaan Bulan Pewaris Budaya Asia dan Kepulauan Pasifik, mari kita melihat beberapa langkah besar yang diambil oleh artis Asia dalam sejarah chart, mulai dari tahun 1960-an hingga tahun 2020-an.
BLACKPINK
YG Entertainment

Meskipun seniman Asia telah lama menjadi perintis dalam musik modern, pencapaian dalam tangga lagu Billboard dapat menentukan karier, sebagai refleksi kesuksesan komersial individu dan simbol kemajuan lebih lanjut dalam musik global. Sebagai standar industri dalam mengukur pengaruh utama seorang artis, chart Billboard telah mencakup superstar seperti BTS dan BLACKPINK yang menetapkan standar baru bagi artis Asia dalam beberapa tahun terakhir—meskipun popularitas global K-pop tidak menceritakan seluruh cerita tentang musik Asia yang meraih kesuksesan di Amerika Utara. Chart Hot 100 pertama oleh seorang artis Asia terjadi puluhan tahun sebelumnya, dan musisi lain membuat kemajuan signifikan dalam chart sekitar satu dekade sebelum K-pop benar-benar menjadi fenomena utama pada akhir tahun 2010-an.

Jangan salah: Musisi Asia masih menghadapi tantangan besar dalam meraih posisi di chart yang didominasi oleh lagu-lagu dan album oleh musisi Barat. Dengan bekerja sesuai standar industri musik, melampaui stereotip, dan menyampaikan visi musik yang autentik, para musisi dalam daftar ini berhasil meruntuhkan hambatan meskipun menghadapi rintangan dan perlawanan. Mereka juga telah menimbulkan gelombang perubahan dengan mewakili berbagai komunitas Asia, termasuk komunitas AAPI, menunjukkan kepada dunia semua seni revolusioner (dan hit besar) yang dapat dicapai oleh para penampil Asia.

Untuk menghormati Bulan Pewaris Budaya Asia dan Kepulauan Pasifik (AAPI) di bulan Mei, kami akan menyoroti 10 prestasi penting oleh musisi Asia dalam sejarah chart Billboard. Meskipun ini bukan daftar lengkap yang mencakup setiap pencapaian chart yang mencolok, 10 ini menonjol sebagai kemenangan bersejarah di berbagai suara dan gaya. Dari debut solo CL hingga beberapa kemenangan World Albums dari GOT7, para seniman ini telah membantu membuka jalan bagi generasi mendatang dari musisi Asia dan AAPI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

 

PMC

Billboard Indonesia is published under license from Penske Media Corporation. All rights reserved.
Billboard name and logo used by permission of Penske Media Corporation.
Powered by TNGR