Pendaftaran Lagu AMI Awards 2024 Sudah Dibuka, Ini Syarat dan Ketentuannya

AMI Awards memberikan penghargaan dalam berbagai kategori di mana masing-masing mencakup kontribusi spesifik dari industri musik Indonesia.
ami awards
Gelaran malam puncak AMI Awards 2023
Hafiyyan Faza/Anugerah Musik Indonesia

AMI Awards atau Anugerah Musik Indonesia edisi ke-27 bakal digelar tahun ini. Tapi sebelumnya, akan ada proses pendaftaran lagu secara online lebih dulu melalui tautan pendaftaran yang disediakan penyelenggara, Yayasan Anugerah Musik Indonesia (YAMI).

Dalam keterangan resmi yang diterima Billboard Indonesia disebutkan, ada beberapa persyaratan dan ketentuan bagi yang akan mendaftarkan diri dalam AMI Awards kali ini.

Pertama, untuk label/perusahaan rekaman yang baru mengikuti proses pendaftaran pada 2024 diwajibkan untuk membuat username baru. Kemudian, pendaftar baru ini wajib menunggu 1×24 jam untuk diverifikasi.

Kedua, label/perusahaan rekaman yang sudah pernah mendaftar di tahun-tahun sebelumnya, bisa langsung melakukan login dan melakukan submit data.

Sementara itu, jika pendaftar memiliki album fisik agar mengirimkannya ke kantor Yayasan Anugerah Musik Indonesia di Gedung Lembaga Pendidikan Musik Farabi, Jl. Dharmawangsa XI No.5 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

AMI Awards merupakan ajang penghargaan tertinggi bagi industri musik Indonesia yang statusnya setara dengan Indonesian Television Awards untuk industri televisi dan Festival Film Indonesia atau Indonesian Movie Actors Awards untuk industri film.

Konsep penghargaan ini mengacu pada National Academy of Recording Arts and Sciences (NARAS), komite yang menyelenggarakan Grammy Awards di Amerika Serikat. Selain itu, juga mengacu pada British Phonographic Industry (BIP), komite yang menyelenggarakan Brit Awards di Britania Raya.

AMI Awards memberikan penghargaan dalam berbagai kategori di mana setiap kategorinya mencakup kontribusi spesifik dari industri musik Indonesia.

ami awards
Syarat dan ketentuan pendaftaran AMI Awards 2024

Dilansir dari berbagai sumber, kategori dalam AMI Awards beberapa kali mengalami perubahan. Penghargaan edisi 2010 memiliki 35 kategori, sementara pada 2011 berjumlah 46 kategori. Kategori ini bertambah menjadi 49 pada  2017.

AMI Awards 2023 menghadirkan enam kategori baru. Selain Karya Orkestral Terbaik, ada juga kategori Album Film Scoring Terbaik, Album Musikal Terbaik, Album Alternatif Terbaik, Artis Solo Pria/Wanita/Duo/Grup/Kolaborasi Koplo Terbaik, dan Artis Solo Pria/Wanita/Duo/Grup/Kolaborasi Melayu Terbaik.

Sementara itu, Lifetime Achievement Award diberikan setiap tahunnya khusus untuk orang-orang yang berjasa dalam perkembangan musik Indonesia. AMI juga pernah menganugerahi penghargaan Artis Asing Terbaik untuk Siti Nurhaliza pada 2000, serta penghargaan khusus Artis Internasional Terbaik kepada Anggun C. Sasmi pada 2006 atas pencapaiannya sebagai penyanyi Indonesia dengan karier internasional yang gemilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

 

PMC

Billboard Indonesia is published under license from Penske Media Corporation. All rights reserved.
Billboard name and logo used by permission of Penske Media Corporation.
Powered by TNGR